10 Hal Baru Mekanisme Pendaftaran CPNS 2018

Posted on
10 Hal Baru Mekanisme Pendaftaran CPNS 2018
10 Hal Baru Mekanisme Pendaftaran CPNS 2018

Dicariguru.com—10 Hal Baru Mekanisme Pendaftaran CPNS 2018, dalam rekrutmen CPNS 2018 ini memang sangaat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sehingga banyak spekulasi bermunculan di kalangan masyarakat dari berita HOAX samapai Calo CPNS, tapi untuk saat ini kabar terbaru yang harus anda ketahui adalah ada 10 hal baru dalam mekanisme pendaftaran CPNS 2018 yang sebelumnya tidak ada.

1. Portal SSCN Lebih User Friendly

Mohammad Ridwan selaku Biro Humas BKN menjelaskan untuk pengangkatan CPNS 2018 tahun ini portal SSCN akan lebih user friendly berkat adanya self guided mechanism layanan baru ini dimaksudkan untuk meminimalisasikan kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan.

2. Formasi dan Pelamar CPNS 2018 Real Time

Dengan perbaikan ini, kata Ridwan, calon pendaftar juga akan diberikan informasi cepat atau real time. Calon pendaftar juga akan diberikan informasi real time tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu artinya anda bisa tau seberapa banyak pesaing yang harus anda taklukan.

3. Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Mohammad Ridwan selaku Biro Humas BKN. menjelaskan bahwa BKN. telah mengantongi 134 titik lokasi. untuk kepentingan. Seleksi Kompetensi Dasar. (SKD) dengan CAT BKN. Mohammad Ridwan sendiri menekankan, jumlah tersebut masih tentatif dalam arti bisa berubah mengikuti kebutuhan perkembangan yang ada jika pelamar membludak atau tidak tertampung maka akan ditambah.

4. SKD dan SKB Hanya Melalui CAT BKN

Artinya seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi. Iwan Hermanto. mengatakan kepada seluruh. jajaran pengelola kepegawaian. instansi pusat dan daerah saat menjadi. Keynote Speaker. dalam perhelatan. Rapat Koordinasi Nasional. (Rakornas Kepegawaian 2018) yang berlangsung. di Gedung Indonesia Convention Exhibition. (ICE BSD) Tangerang, Rabu (11/07/2018) mengatakan bahwa kedua poin tersebut menjadi topik utama yang dijabarkan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka BKN). Mengapa dilakukan demikian tentunya ada maksud agar CPNS 2018 ini benar-benar bersih dari manipulasi dan suap dan mulai tahun ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT BKN). Serta mekanisme pengangkatan CPNS 2018 hanya akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Semua mekanisme ini dilakukan agar penerimaan CPNS 2018 sesuai ekspektasi publik.

5. Alur Pendaftaran Lebih Singkat

Alaur pendaftaran CPNS 2018 hanya melalui satu portal yaitu http://sscn.bkn.go.id. Jadi dipastikan tidak akan memakan waktu lama serta memudahkan para pelamar CPNS 2018.

6. Registrasi NIK KTP dan No Kartu Keluarga

Langkah pertama pelamar sebelum mendaftar CPNS 2018 yang sesuai formasi atau lulusan anda calon pelamar harus punya sebuah akun SSCN. Adapun cara pembuatan akun sendiri dilakukan dengan cara anda mengisi formulir yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pelamar dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.

Apabila semua mekanisme pembuatan akun telah selesai maka peserta dapat melakukan registrasi akun kemudian dapat menggunakan akunnya untuk melakukan pendaftaran formasi melalui situs https://sscnregistrasi.bkn.go.id.

Kunjungi Juga : Cara Cek Keaslian Ijazah Secara Online

Kunjungi Juga : Cara Cek Akreditasi Perguruan tinggi Secara Online

Apabila ada kendala atau permasalahan dalam hal verifikasi NIK dan KK, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan atau Catatan Sipil di daerah domisili masing jadi saya sarankan jika anda memang berminat mendaftar CPNS 2018 Segera periksa berkas satu ini dari sekarang dikhawatirkan jika mendekati Pendaftaran DISDUKCAPIL akan membludak.

7. Prioritas Formasi Guru dan Pendidik

Untuk pengangkatan CPNS 2018 ini prioritas utama adalah Formasi Guru dan Pendidik untuk guru saja, diperkirakan bakal ada kuota sebesar 100 ribu lebih. Kuota itu untuk memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan di pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota. Perkiraan prioritas ini diperoleh dari hasil Rakornas DPR RI dan Pemerintah.

8. Kebutuhan pegawai pemerintah daerah

Jika CPNS 2017 lebih banyak untuk kebutuhan pegawai kementerian/lembaga, CPNS 2018 nanti sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan pemerintah daerah maupun provinsi.

Kepala BKD Provinsi Sulsel Ashari Radjamilo, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan formasi ke BKN dan tinggal menunggu pengumuman.

9. Teknis Khusus Guru dan Tenaga Honorer

Mengenai guru honorer, Asman, menjelaskan, akan ada sistem saat proses penerimaan. Sistem atau cara yang dilakukan Ini dimaksudkan untuk memilah agar guru honorer yang belum berumur 35 tahun dimungkinkan mengikuti tes CPNS 2018 dan untuk yang lebih dari 35 tahun akan menjadi prioritas sendiri. Patokan usia ini sesuai dengan persyaratan untuk dapat mengikuti seleksi CPNS sesuai dengan peraturan yang telah diatur.

” Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes baik yang berusia dibawah 35 tahun atau diatas 35 tahun. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 juga harus ikut tes. Rekrutmen dilakukan secara terbuka, Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Hasil Rapat DPR RI dan Pemerintah 23 Juli 2018

Pemerintah sendiri masih terus bekerja bagi tenaga honorer yang berusia di atas 35 tahun, Pemerintah sedang menyiapkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang hampir final yang dimaksudkan agar semua kepentingan bisa terealisasi dan tidak ada yang dirugikan.

10. Sistem Pengaduan Online dan Offline

Sistem Pengaduan Online. dan Offline dibuat secara online. (yang menyatu dengan web SSCN) maupun offline di Kantor. Pusat BKN dan 14 Kantor Regional BKN.

Demikian informasi yang bisa dicariguru.com berikan semoga memberi manfaat.

(Visited 408 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *