Apa Itu Pengertian PKP Berbasis Zonasi?

Pengertian PKP
Pengertian PKP

Apa Itu Pengertian PKP Berbasis Zonasi? Kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dan tujuan PKP Berbasis Zonasi. Apa PKP itu ? PKP Adalah, Pengertian PKP, dan apa si tujuannya ? disini kami akan memberi gambaran secara singkat agar mudah dipahami, tapi kalau anda masih kurang paham silahkan download modul materinya yang telah kami sediakan di bawah. Sebelum diadakan PKP Berbasis Zonasi ini sebenarnya Pemerintah telah melakukan pengembangan keprofesionalan guru berdasarkan hasil Uji UKG dan diteruskan dengan program Guru Pembelajar tetapi Pemerintah menganggap program sebelumnya lebih terfokus pada kompetensi pedagogik dan profesional guru saja dan tidak secara langsung berdampak pada perkembangan peserta didik. Untuk itu Pemerintah mengadakan Program PKP berbasis Zonasi yang lebiih memfokuskan pada tingkat pemahaman siswa yang berdasarkan pada ketrampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Apa itu PKP ?

PKP Sendiri memiliki pengertian Program peningkatan Kompetensi Pembelajaran yang memiliki tujuan meningkatkan kompetensi siswa atau peserta didik melalui pembinaan guru atau tenaga pendidik dalam merencanakan, melaksanakan serta mengevaluasi yang berpedaoman pada ketrampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS).

Zonasi Itu Ini Lo…

Untuk Zonasi sendiri memiliki pengertian strategi percepatan pembangunan pendidikan yang merata, berkwalitas dan berkeadilan yang dimulai dari Pusat Kegiatan Guru (PKG) kemudian Kelompok Kerja Guru (KKG), MGMP, MGBK dan musyawarah guru laiinya. Yang memiliki tujuan memeratakan pendidikan yang bekwalitas dan berkeadilan yang terintegrasi dalam satu wilayah yang mempertimbangkan jarak, akses dan volume guru dengan maksud agar pemetaan kompetensi, kinerja dan aktivitas guru lebih mudah terkontrol.

Mekanisme Zonasi

Mekanisme PKP Berbasis Zonasi atau pemilihan peserta dilakukan berdasarkan klasifikasi dalam satuan pendidikan menurut zona indikator skala Nasional yang berdasar Akreditasi Indikator kontrol yang mencakup hasil nilai UN, UKG dan PMP. Dalam penerapannya juga harus menaati beberapa prinsip dasar PKP yaitu taan azas, Berbasis Kompetensi, Terstandar, Profesional, Transparan, Akuntabel dan Berkeadilan.

PKP Berbasis Zonasi ini memiliki ruang lingkup yaitu Konsepsi Program PKP Berbasis Zonasi; Konsepsi Zona Peningkatan Kompetensi Pembelajaran; Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi; Penilaian dan Sertifikasi; Standar Penyelenggaraan; dan Penjaminan Mutu Pelaksanaan Program PKP Berbasis Zonasi.

Pelaksanaan PKP

Pelaksanaan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ini sebenarnya mirip dengan pelaksanaan Guru Pembelajar beeberapa waktu yang lalu yaitu dalam pelaksanaan PKP terdiri dari pelaksanaan in dan pelaksanaan on. Pelaksanaan In (in service learning) merupakan kegiatan peserta dan fasilitator secara langsung atau tatap muka di dalam pusat zoana atau tempat pendidikan yang telah ditentukan. Sedangkan Pelaksanaan On (on the job learning) merupakan kegiatan yang dilakukan Peserta atau guru setelah melakukan kegiatan In-1 dan In-2. Kegiatan On dilakukan oleh peserta di sekolah masing-masing tempat mengajar dalam waktu lebih kurang 1 minggu atau setara dengan 10 JP (asumsi 2JP/hari) dan jika memungkinkan dilakukan secara daring atau online.

Nah itu tadi artikel mengenai pengertian dan sekilas mengenai PKP Berbasis Zonasi untuk lebih jelasnya silahkan download modul atau meterinya di bawah ini :