Cara Membuat Google Classroom 2020

Cara Membuat Google Classroom 2020
Cara Membuat Google Classroom 2020

Cara Membuat Google Classroom 2020. Nah apasih goolgle classroom?, apa kegunaanya?, terus bagaimana cara penggunaanya? Untuk sobat guru artikel ini akan membahas mengenai google classroom. Cara menambahkan siswa di google classroom, Cara membuat tugas, cara bergabung.

Google classrom menjadi perbincangan hangat dikalangan pendidik dan siswa sejak diumumkannya Indonesia darurat Covid 19. Karena banyak institusi pendidikan mulai dari PAUD/TK hingga perkuliahan diliburkan selama 14 hari. Tapi untuk liburan Corona kali ini setiap guru atau pendidik diberi tugas tambahan untuk memantau setiap peserta didik agar bisa mendapatkan pembelajaran atau tetap belajar dengan efektif dirumah.

Salah satu cara agar setiap siswa tetap belajar dirumah dan tanpa bertemu dan berkumpul dengan siswa lainya adalah dengan cara membuat forum online. Forum online yang dimaksud disini adalah forum yang bertujuan agar siswa belajar sesuai dengan materinya. Salah satu alternatif metode pembelajaran online yang gratis adalah membuat kelas online dengan fasilitas google classroom.

Google classrom memiliki banyak kemudahan diantaranya hampir semua siswa dan orang tua memiliki akun atau email google. Terus bagaimana cara memnuat google classrom? Berikut langkah – langkahnya :

Cara membuat kelas di google classroom

Untuk membuat kelas baru di google classroom silahkan masuk ke alamat : https://classroom.google.com setelah itu silahkan login atau masuk menggunakan akun google pribadi atau menggunakan akun google suite for education.

membuat google classroom
membuat google classroom

Setelah anda berhasil login ke akun google classroom sekarang saatnya membuat kelas baru, silahkan klik tanda + di bagian pojok kanan atas dan buat kelas (create class). Isikan nama kolom nama kelas dan subjek target kelas yang anda buat.

Membuat Kelas google classroom
Membuat Kelas google classroom

Jika sudah selesai maka akan muncul halaman utama kelas yang anda buat.

halaman google classroom
halaman google classroom

Cara menambahkan siswa di google classroom

Untuk menambahkan peserta didik atau peserta belajar di google classroom langkah pertama adalah klik menu student/siswa dihalaman utama. Ada dua cara untuk menambahkannya yaitu dengan menggunkan kode kelas dan menggunakan undangan.

Menambahkan siswa di google classroom
Menambahkan siswa di google classroom

Jika menggunakan kode kelas anda cukup bagikan kode kelas yang anda buat ke siswa atau peserta. Jika menggunakan undangan, anda harus memiliki email dari tiap-tiap peserta didik.

Membuat konten pada goolge classroom

Untuk membuat konten silahkan klik stream pada pojok kiri bawah dan klik + maka akan muncul beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Membuat konten google classroom
Membuat konten google classroom

Membuat pengumuman Google Classroom

Untuk membuat pengumuman atau berinteraksi kepada siswa silahkan pilih menu create announcement anda bisa memilih peserta didik yang mendapat penguman dan tidak dan untuk mempublis silahkan klik post.

Membuat pengumuman Google Classroom
Membuat pengumuman Google Classroom

Cara membuat tugas Google Classroom

Untuk membuat tugas di google classrom cukup mudah, sebelumnya anda harus menyipkan tugas apa yang nantinya akan anda kirim. Anda bisa menyipkan gambar, video atau dokumen soal. Setelah tugas diterbitkan anda bisa mengecek atau memeriksa peserta didik yang sudah dan belum mengerjakan dengan cara klik student work/ peserta pembelajaran.

membuat tugas Google Classroom
membuat tugas Google Classroom

Untuk file – file soal ulangan anda bisa melihat referensi soal disini

Membuat pertanyaan atau Quiz

Untuk membuat quiz silahkan klik menu create question atau buat quis baru. Silahkan pilih soal yang akan anda buat, soal esai atau soal pilihan ganda.

Membuat pertanyaan atau Quiz
Membuat pertanyaan atau Quiz

Demikian tadi Cara Membuat Google Classroom 2020 yang bisa anda gunakan sebagai bahan kontrol dan pemantauan peseta didik dalam belajar dirumah.