Cara Pengerjaan Pretest PPG Tahun 2019/2020

Cara Pengerjaan Pretest PPG
Cara Pengerjaan Pretest PPG

Cara Pengerjaan Pretest PPG Tahun 2019/2020. Tatacara pengerjaan soal Ujian Pretest PPG-DJ sebenarnya hampir sama dengan pengerjaan UKG, keduanya menggunakan basis online untuk pengerjaannya. Tetapi sebagai seorang pendidik atau guru yang akan melaksanakan PPG tahun 2019/2020 tidak ada salahnya untuk mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini. Tentunya hal yang perlu disiapkan adalah menguasai materi atau kisi – kisi yang akan dikerjakan serta paham dengan alur dan tatacara pengerjaannya.

Dalam realisasi pengerjaanya banyak guru atau tenaga pendidik yang gugup atau minder saat sudah berada di depan komputer. Banyak dari rekan – rekan guru yang beralasan takut rusak atau salah pencet dan lain – lain. Untuk itu disini kami akan memberi sedikkit gambaran bagaimana cara pengerjaan Pretes PPG Daljab.

Pengerjaan Pretest PPG-DJ

Untuk materi yang akan diujukan dalam Pretest PPG 2019/2020 sesuai dengan juknis dibagi menjadi 4 (empat) kelompok soal yang meliputi soal pedagogik, soal Profesional (Mata Pelajaran), soal minat dan bakat dan soal tes potensi akademik. Tenytunya dalam pengerjaanya untuk waktu tiap – tiap jenis soal berbeda- beda sehingga dibutuhkan kecermatan dalam pengerjaanya agar tidak kehabisan waktu.

Di bawah ini juknis pengerjaan Pretest Online / Daring PPGJ / PPG tahun 2019/2020

Setelah peserta berada dirungan ujian dan menghadap komputer maka tampilan awalnya akan seperti ini, yaitu halaman login. Untuk melakukan login anda harus menunggu instruksi dari petugas/panitia ujian.

Login Pretest
Login Pretest

Setelah anda login maka akan muncul pilihan Mata Ujian yang terdiri dari 4 (empat) sub mata ujian dengan keterangan waktu. Saya mengambil contoh untuk guru SD, untuk guru SMP/SMA/SMK menyesuaikan Prodi. Catatan untuk tombol dibawah ada tulisan latihan dan ikut ujian, kami sarankan untuk pertama silahkan klik latihan dulu.

Latihan Pretest
Latihan Pretest

Nah setelah anda selesai mengerjakan latihan waktunya untuk ujian, silahkan klik ikut ujian dan tunggu lodingnya selesai.

Ujian Pretest
Ujian Pretest

Nah setelah itu akan muncul soal dan pilihan jawabanya, untuk memilih jawaban anda bisa menggunakan 2 opsi / pilihan yaitu dengan memencet tombol A,B,C dan D yang ada di krusor atau memilih menggunakan Mouse dengan memilih jawaban yang benar.

Soal Pretest
Soal Pretest

Untuk soal esai telah disediakan kolom esainya

Soal Esay Pretest
Soal Esay Pretest

Setelah tahapn ujian pertama selesai maka anda akan kembali login seperti pertama tadi.

Ujian Ke 2
Ujian Ke 2

Kemudian pilih Ujian yang ke 2 dan begitu cara ujian bagian 3 dan 4 nya.

Ujian Tahap 2
Ujian Tahap 2

Keteranagn Selesai Ujian

Selesai Ujian
Selesai Ujian

Nah itu tadi Cara Pengerjaan Pretest PPG Tahun 2019/2020 yang bisa kami bagikan semoga bisa memberikan gambaran dan bermanfaat untuk rekan – rekan semua.

Kunjungi Artikel Terkait PPG 2019/2020