Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP

Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP
Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP

Dicariguru.com – Sobat pendidik yang berbahagia berikut ini kami akan berbagi dokemen peting perihal Penyusunan Kurikulum di jenjang seolah. Dokumen penyusunan kurikulum atau biasa disebut dokumen 1 ini merupakan dokumen perintis yang harus dimiliki jenjang sekolah. Untuk dokumen yang akan kami bagikan kali ini adalah Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP.

Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan atau Dokumen KOSP merupakan dukumen baru yang digunakan bagi sekolah – sekolah yang akan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Isi dari dokumen ini adalah seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan jenjang SMP/MI yang digunakan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran di jenjang sekolah tersebut.

Dalam penyusunan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP Kurikulum Merdeka sebaiknya setiap satuan pendidikan menggembangkan secara mandiri. Hal ini dimkasudkan untuk kesesuaian konteks penerapan kurikulum dengan kebutuhan guru, peserta didik, satuan pendidikan dan lingkungan masyarakat sekitar.

Dokumen Kurikulum Merdeka

Dokumen 1 kerangka dasar Kurikulum merdeka di satuan pendidikan adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di lingkup sekolah dalam rangkaian untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU SiSMPiknas/2003).

Pemerintah pusat melalui Kemendikbudristek telah menetapkan kerangka dasar dan struktur kurikulum terbaru atau kurikulum Merdeka ini menjadi acuan untuk pengembangan dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). >>> Lihat Struktur Kurikulum Merdeka

Untuk menyusun isian dokumen KOSP setiap satuan pendidikan harus meluangkan waktu serta mencurahkan ide – ide untuk membantu proses berpikir dan mengembangkan satuan pendidikan agar penysunan dan isian dokumen sesuai dengan apa yang dibutuhkan setiap satuan pendidikan.

Dalam penyusunan Dokumen 1 Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP/ Mi harus memenuhi prinsip Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang telah ditetapkan Kemendikbudristek. Untuk prinsip penyusunannya harus memenuhi kriteria :

  1. Berpusat pada peserta didik.

Yaitu pembelajaran harus mengedepankan informasi dasar yang telah dimiliki peserta didik kemudian dikembangkan oleh guru untuk memenuhi kebutuhan perkembangan, keragaman potensi dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik.

  1. Kontekstual.

Memiliki kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan yang meliputi konteks sosial budaya dan lingkungan sekolah dan untuk jenjang SMK harus memenuhi kebutuhan dunia kerja dan industry.

  1. Esensial.

Setiap jenjang pendidikan yang melaksanakan IKM harus memberikan informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di untuk peserta didik di satuan pendidikan. Hal ini berkaitan erat dengan penggunaan Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

  1. Akuntabel.

Dapat dipertanggungjawabkan secara logis dan data karena berbasis data dan aktual.

  1. Melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

Pengembangan kurikulum satuan pendidikan jenjang SMP/MI kurikulum merdeka harus melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan yang harus dilibatkan sekurang – kurangnya adalah orang tua, komite sekolah, dewan guru, UPTD dan untuk jenjang SMA/SMK bisa melibatkan organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja.

Download Dokumen KOSP SMP

Bagi rekan – rekan yang akan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) ditahun ini, berikut ini kami bagikan contoh referensi Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP format PDF dan dokumen. Silahkan download sesuai dengan kebutuhan anda.

Download Dokumen Kurikulum Operasioal : Download Disini – 1

Lampiran KOSP : Download disini – 1

Download Dokumen Kurikulum Operasioal : Download Disini – 2

Lampiran KOSP : Download disini – 2

====

Modul Ajar Kurikulum Merdeka SMP/MTS : Klik disini

Dokumen KOSP SD : Download Disini

Dokumen KOSP SMA : Download Disini

Dokumen KOSP SLB : Download Disini

Demikian informasi tentang Contoh Dokumen KOSP Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMP yang bisa kami bagikan. Semoga dokumen dan administrasi Kurikulum Merdeka yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk rekan – rekan semua.