Download Desain Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Desain Pengembangan Soal AKM
Desain Pengembangan Soal AKM

Asesmen Kompetensi Minimal atau AKM merupakan sebuah istilah baru di dunia Pendidikan Indonesia. Oleh karenanya masih banyak tenanga pendidik dan praktisi pendidikan yang masih mengambang dengan kebijakan yang diluncurkan Kemendikbud ini. hal – hal yang masih menjadi tanda tanya adalah perbedaan AKM dengan ulangan atau Ujian, dan seperti apa pola dan evaluasi yang dilakukan. Untuk itu disini kami akan berbagi mengenai Desain Pengembangan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan merupakan kebijakan yang diluncurkan pemerintah dalam rangka meningkatkan Kompetensi pendidikan. Kebijakan ini diluncurkan sebagai salah satu program merdeka belajar. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sendiri merupakan penilaian kemampuan minimum yang dilakukan kepada peserta didik. Kemampuan minimum yang dimaksud disini merupakan  kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik paling dasar yang harus dimiliki. Kemampuan dasar yang dimaksud adalah literasi membaca dan numerasi.

Kemampuan setelah mengikuti AKM yang direncanakan ini telah sesuai dengan kecakapan abad ke-21 yang menuntut peserta didik untuk dapat mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan tantangan. Dengan peserta didik menguasai kecakapan abad ke-21 maka diharapkan bisa memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan dan memanfaatkan teknologi/media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan kecakapan hidup (life skill).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud melalui Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Berperan sangat penting dalam mewujudkan hal tersebut sehingga diperlukan adanya desain pengembangan soal AKM. Desain pengembangan Asesmen Kompetensi Minimal sebagai kerangka sekaligus acuan untuk implementasinya. Desain atau model pengembangan soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) disatuan Pendidikan disusun untuk membantu sekaligus memberi inspirasi kepada para pendidik. Selain digurnakan oleh peserta didik AKM ini juga digunakan sekolah dalam mengembangkan soal-soal yang dapat menuntut peserta didik memiliki kemampuan berpikir abad ke-21.

Untuk lebih jelasnya rekan – rekan bisa mendownload Desain Soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) pada link yang kami sediakan di bawah ini :

Desain Soal AKM DOWNLOAD

Semoga informasi mengenai Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum yang kami bagikan bermanfaat dan memberikan gambaran mengenai Program AKM yang akan segera dilaksanakan.