Fungsi Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa

Posted on
Fungsi Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa
Fungsi Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa

Ada banyak sekali fungsi media pembelajaran yang mana jika media pembelajaran ini dimanfaatkan secara maksimal proses KBM pun akan menarik dan prosentase keberhasilanyapun cukup tinggi. Fungsi media pembelajaran secara jelas sudah tertuang tertuang dalam permendikbud. Yang mana fungsi Media pembelajaran (media Instruksional) Secara umum, fungsi media pembelajaran adalah untuk memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa agar kegiatan belajar lebih afektif dan efisien. Sementara itu, lebih khusus manfaat dari media pembelajaran adalah:

1. Pengiriman materi pembelajaran dapat distandarisasi

Dengan bantuan media pembelajaran, interpretasi yang berbeda di antara para guru bisa dihindari dan dapat mengurangi kesenjangan informasi antara siswa dimanapun berada.

2. Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik

Media dapat menghubungkan pembelajaran dengan “kehidupan nyata” dan memvalidasi budaya mereka sebagai lingkungan yang kaya untuk belajar karena dapat menampilkan informasi melalui audio visual yaitu gambar, gerakan, suara, dan warna, baik secara alami atau manipulasi, sehingga membantu guru untuk menciptakan suasana belajar menjadi lebih hidup dan tidak monoton.

3. Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif

Dengan media komunikasi yang akan datang dua arah aktif, sedangkan guru cenderung berbicara dengan media tanpa satu arah.

Download RPP K13 Revisi 2017 di Sini

 

4. Efisiensi waktu dan tenaga kerja

Dengan tujuan pembelajaran media akan lebih mudah dengan waktu dan upaya minimal yang maksimal. Keuntungan menggunakan media pembelajaran yang tepat adalah guru tidak harus menjelaskan materi ajar berulang-ulang karena dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih fokus terhadap materi dan mudah memahami pelajaran.

5. Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa

Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi dan belajar lebih banyak mandalam secara utuh. Pada dasarnya informasi verbal dari guru saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran anak, siswa tidak mengerti pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan aktivitas untuk melihat secara langsung atau gamabar, menyentuh, merasakan kejadian atau penelitian, dan mengalami sendiri melalui media, pemahaman siswa akan menjadi lebih baik dan maksimal.

6. Media memungkinkan proses pembelajaran dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
Media dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan siswa atau tren yang sedang ngehit yang dan populer sehingga siswa dapat membuat pembelajaran kegiatan lebih bebas di mana saja dan kapan saja, tanpa bergantung pada seorang guru. Kita perlu menyadari waktu sangat terbatas belajar di sekolah dan faktanya paling banyak waktu di luar sekolah lingkungan Hidup.

Baca Juga : Cara Memotivasi Siswa Malas

7. Media memberikan dampak positif terhadap siswa dan materi pembelajaran

Fungsi Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa
Fungsi Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa

Proses pembelajaran menjadi lebih menarik yang mendorong siswa untuk mencintai sains dan senang menemukan sumber pengetahuan Anda sendiri.

8. Mengubah peran guru menjadi lebih positif dan produktif

Guru dapat berbagi peran dengan media sehingga memiliki banyak waktu untuk memperhatikan yang lain aspek pendidikan, seperti membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi pembelajaran, dll.

(Visited 252 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *