Kisi-kisi UASBN dan UN Tahun 2019 Jenjang SD/MI

Posted on
Kisi-kisi UASBN dan UN
Kisi-kisi UASBN dan UN

Salam pendidikan, kali ini admin dicariguru.com akan membagikan Kisi-kisi UASBN dan UN Tahun 2019 Jenjang SD. Ujian Sekolah atau Ujian Nasional ini adalah hajat tahunan yang selalu di lakukan oleh seluruh satuan pendidikan mulai tingkat SD sampai SMA yang mana dari tahun ke tahun selalu ada perbaikan disetiap elemen yang bertujiuan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah secara resmi menerbitkan dan merilis Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) untuk tahun ajaran 2018 – 2019. Keputusan penerbitan kisi-kisi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN dan Nomor 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi USBN.

Funsi Kisi Kisi UASBN dan UN

Beberapa fungsi Pemerintah mengeliuarkan Kisi-kisi tersebut adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN selain itu juga guru dan siswa bisa memprediksi tentang materi yang akan diujikan nanti. Kisi-kisi yang diterbitkan oleh pemerintah disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku di sekolah masisng-masing.

Kebijakan tentang pelaksanaan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan USBN dan UN tahun 2018 hanya saja ada beberapa yang sedikit berubah yaitu erbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian.

Untuk bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen yang tersusun berdasarkan tingkat kesulitan yang proposional. Selain itu di dalam soal masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat. Untuk bentuk dan proporsi bobot sola mengunakan penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS)

Untuk mengetahui dan mendapatka Kisi-kisi USBN danUN anda dapat mengunduh/mendownload pada tautan link di bawah ini :

Kisi – kisi UASBN Matematika SD (Klik Disini)

Kisi – kisi UASBN IPA SD (Klik Disini)

Kisi – kisi UASBN Bahasa Indonesia SD (Klik Disini)

 

Kunjungi Juga Administrasi Tingkat SD/MI Lainya

Kisi-kisi soal K13 Revisi Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

Bank Soal Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

RPP,Silabus Kelas 1,2,3,4,5,6 Tema, PAI, PJOK, MTK dan Mulok (Klik Disini)

Raport K13 Kelas 1,2,3,4,5,6 (Klik Disini)

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. Terkait dengan pelaksanaan USBN dan UN, BSNP akan segera merilis POS USBN dan UN dalam waktu dekat ini, dengan mempertimbangkan masukan dari direktorat terkait. POS tersebut merupakan ketentuan yang mengatur penyelenggaraan dan teknis pelaksanaan USBN dan UN.

(Visited 103 times, 2 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *