Jadwal dan Juknis OSN Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023

Dicariguru.com – Selamat datang kembali di situs berbagi pendidikan dicariguru.com. Pada kali ini kami akan berbagi Jadwal dan Juknis OSN Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023. Panduan Teknis Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) di tahun 2023 ini memang sedikit berbeda dengan petunjuk pelaksanaan OSN pada tahun – tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan pelaksanaan OSN masih berada dalam keaadan peralihan dari pandemi Covid-19 menuju era new normal sehingga membutuhkan beberapa protokol kesehatan yang ketat.

Jadwal dan Juknis OSN Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023
Jadwal dan Juknis OSN Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023

OSN SD adalah suatu kegiatan berkelanjutan berupa kompetisi MTK dan IPA (Sains) yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspernas). Untuk pelaksanaan OSN SD tahun ini dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap. Tahap pertama berupa tahap Penyisihan yang biasanya dimulai dari tingkat bawah yaitu perwakilan dari SD kemudian berkopetisi samapai didapati perwakilan Provinsi. Perwakilan dari Provinsi inilah yang akan mewakili Provinsinya di tingkat OSN Nasional. Kemudian tahapan ke 2 merupakan Tingkat Nasional yang diikuti peserta didik mewakili provinsinya. Hasil dari kompetisi perwakilan Provinsi inilah yang akan memperebutkan juara OSN SD tahun 2022

Latar Belakang Pelaksanaan OSN

Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

Tujuan Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD

Tujuan umum OSN-SD Tahun 2023 adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), bagi peserta didik SD dan atau yang sederajat untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Tema Olimpiade Sains Nasional (oSN) SD

Adapun tema OSN SD tahun 2021 adalah:

“Berprestasi Membangun Kolaborasi”

Jadwal OSN SD

Untuk jadwal pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional anda bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Jadwal OSN 2023 SD
Jadwal OSN 2023 SD
Jadwal OSN 2023 SD
Jadwal OSN 2023 SD

Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD

Bagi rekan – rekan pendidik atau rekan – rekan yang diberi amanat untuk memilih peserta didik sebagai wakil OSN jenjang SD, berikut kami bagikan Panduan Teknis OSN SD Tahun 2023. Silahakan download juknis dan file pendukungnya pada link yang kami sematkan di bawah ini :

Kunjungi Juga :

Demikianlah Jadwal dan Juknis OSN Olimpiade Sains Nasional SD Tahun 2023 yang bisa kami bagikan. Semoga Juknis Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD atau panduan OSN SD yang kami bagikan bermanfaat.