Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 6 K13

Posted on
Materi Bahasa Indonesia Kelas 7
Materi Bahasa Indonesia Kelas 7

Sahabat dicariguru.com kali ini kita bertemu kembali masih dengan topik yang sama yaitu informasi seputar pendidikan. Setelah pada kesempatan lalu Admin dicariguru.com telah membahas tentang ringkasan materi pelajaran Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Bab 5 yaitu tentang Mewarisi Nilai Luhur dan Mengkreasikan Puisi Rakyat untuk kesempatan kali ini Admin dicariguru.com akan membahas mengenai lanjutan bab berikutnya yaitu Bab 6. Ok langsung saja kita simak pembahasanya.

Fabel

Apa sih fabel itu secara etimologis fabel berasal dari bahasa latin yaitu fabulat. Atau bisa diartikan cerita tentang kehidupan binatang yang berperilaku menyerupai manusia.

Hal hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam fabel adalah:

  • Yang paling utama Fabel mengambil tokoh para binatang.
  • Tokoh para binatang biasanya dapat berbicara seperti manusia.
  • Watak tokoh para binatang digambarkan ada yang baik (protagonis )dan ada yang buruk (antagonis).
  • didalam cerita fabel memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukan kejadian sebab-akibat.
  • kisah cerita dalam Fabel menggunakan latar alam.

Untuk ciri-ciri bahasa dalam cerita fabel adalah sebagi berikut:

  • Kalimat yang disajikan naratif atau peristiwa
  • Menggunakan kata sehari-hari dalam situasi tidak formal
  • Kalimat langsung, yang berupa dialog antar tokoh

Fabel dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Fabel alami, yang dimaksud dengan fabel adalah fabel yang menggunakan watak tokoh binatang seperti kondisi alam nyata.
  • Fabel adaptasi, adalah cerita yang memberikan watak tokoh dengan mengubah watak aslinya pada dunia nyata dan menggunakan tempat-tempat lain sebagai latar.

Struktur dalam fabel meliputi :

  • Orientasi, menceritakan bagian awal dari suatu cerita yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu.
  • Komplikasi, merupakan salah satu adegan inti yang berisi konflik atau masalah antara satu tokoh dengan tokoh lain.
  • Resolusi, dapat diartikan sebagai bagian yang berisi pemecahan masalah.
  • Koda, bagian penutup fabel yang berisi perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat dipetik dari cerita tersebut yang bisa berisi amanat.

Di bawah ini kami berikan contoh Cerita Fabel:

KADAL dan ULAR AIR

Alkisah disebuah kolam yang dalam dan besar terlihat seekor kadal sedang berjalan di pinggiran kolam, kadal itu terlihat sedang mencari kegiatan baru, kadal itu sangat ingin mencoba sesuati yang baru, dia sangat ingin berpetualang dan bisa meliahat dunia baru ketika dia berjalan dipinggiran kolam sambil mengeluarkan lidahnya yang panjang dia melihat sesuatu muncul dari dalam air. Kadal itupun nampak kaget dan hal pertama yang dilihat oleh kadal itu adalah sebuah kepala yang melenggak lenggok kesana kemari seperti sedang mencari sesuatu, kemudian kadal yang penasaran itu mulai mendekati mahkluk hitam panjang yang muncul dari dalam air itu dan dia sedikit kaget ternyata dia melihat seekor ular air.

Ketika itu ular air juga terkaget karena melihat kehadiran sang kadal lalu mendekatinya, untuk menghilangkan kekagetanya ketika ular sampai dekat dengan sang kadal ular itu meninggikan kepalanya dan berkata :” Hai kadal gemuk apa yang sedang  kau lakukan dipinggiran kolam?” kadal itu serentak mundur dan menjauh dari sang ular karena dia takut dimangsa olehnya “Aku hanya sedang mencari kegiatan baru, aku hanya ingin mencari sebuah petualangan”, jawab sang kadal. “Kenapa kau mundur dan menghindar dariku? Aku tidak akan memakan mu, karena aku telah kenyang memakan ikan-ikan kecil yang ada di kolam itu” kata sang ular dengan lantang“ jadi kau kesini ingin sebuah petualangan yang seru” kata ular sambil mendesis “Ya itu benar, aku berjalan-jalan di pinggir kolam karena ingin sekali mencoba sesuatu yang baru” kata sang kadal dengan penuh semangat “apa kau pernah melewati kolam ini sendiri?” Tanya sang ular.

“Aku tidak pernah melewati kolam ini, karena kolam ini terlalu luas untuk aku sebrangi meskipun aku bisa sedikit berenang, tapi aku takut untuk menyebrangi kolam ini dari satu tepian ketepian lainnya karena begitu luasnya kolam ini”. Jawan sang kadal “apakah kau mau menyebaranginya? Jika kau mau aku akan membantunya” ajak sang ular. Sang kadal berfikir sejenak di dalam hatinya sangat ingin sekali menyebranginya dan tanpa berpikir panjang kadal itu menerima ajakan dari sang ular “Baiklah kalau begitu cepat carilah sesuatu yang bisa dijadikan sebagai tali!” Pinta sang ular “Untuk apa tali itu?” Tanya sang kadal dengan penuh tanda tanya dan rasa heran “Tali itu untuk kau ikatkan ke ekorku ketika kita berenang menyebrangi kolam ini kau tidak akan tenggelam, aku akan menarikmu kepermukaan”. jelas sang ular.

Lalu sang kadal dengan penuh semangat melihat disekelilingnya dan mencari tali di pinggiran kolam dan dia mendapatkan nya, setelah itu sang kadal pun langsung menalikan kaki depannya ke ekor sang ular dengan sangat kuat. Setelah sang kadal menalikan kakinya kini sang ular dan sang kadal berenang menyebrangi kolam luas itu, namun di tengah-tengah kolam sang ular berpikiran jahat kepada sang kadal untuk menenggelamkan sang kadal sebelum mencapai tepian, tetapi nampaknya sang kadal mulai merasakan hal yang aneh ketika hal itu akan dilakukan oleh sang ular tiba-tiba tibuh sang ular pun tertarik ke atas, sang ular mencoba dengan sekuat tenaga melepaskan diri namun hal itu percumasetelah dilihat ternyata sang kadal disambar oleh seekor burung elang yang besar dan perkasa sehingga tubuh ular itu bergelantungan di udara. Saat itu sang elang yang kuat itu melihat bukan hanya kadal saja yang dia tangkap, tetapi elang juga menangkap seekor ular air dimana ekornya terikat pada kaki sang kadal.

 

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 5 (Klik Disini)

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 6 (Klik Disini)

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 7 (Klik Disini)

Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 8 (Klik Disini)

Demikianlah Ringkasan Materi Bahasa Indonesia Kelas 7 Bab 6 yang bisa kami berikan semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk kunjungi selalu dicariguru.com agar selalu update tentang rangkuman materi lainnya. Jangan lupa share juga situs ini kepada rekan-rekan yang membutuhkan. Terimakasih.

(Visited 15 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *