Materi Layanan Bimbingan Klasikal
Materi Layanan Bimbingan Klasikal

Download Materi Layanan Bimbingan Klasikal Kelas 7 K13

Posted on
Materi Layanan Bimbingan Klasikal
Materi Layanan Bimbingan Klasikal

Sahabat dicariguru.com sebagian besar pengajaran bimbingan Konseling di sekolah-sekolah menengah dan di perguruan tinggi diberikan secara klasikal. Artinya pembelajaran yang diberikan oleh pengajar adalah dengan memberi penjelasan kepada sejumlah murid atau mahasiswa secara lisan. Banyak kalangan yang menganggap bahwa pembelajaran klasikal tersebut merupakan bentuk yang paling tepat. Selain karena dipandang masih efisien, mereka dahulu pun diajar dengan bentuk pengajaran seperti itu. Pada dasarnya dengan bentuk pengajaran klasikal seorang pengajar dapat mengajar suatu kelompok dengan jumlah murid yang tak terbatas. Selama pengajaran klasikal, murid harus mengerjakan dua hal yaitu mendengarkan dan membuat catatan. Dan jadwal mata kuliah atau mata pelajaran tidak ditentukan terlebih dahulu berunding dengan pengajar yang bersangkutan.

Metode yang biasa digunakan dalam Pengajaran Klasikal

  1. Metode Ceramah

Metode ceramah memang masih menjadi acuan bagi hampir semua guru dan memiliki pengertian metode penyampaian bahan pelajaran secara lisan. Metode memang merupakan metode yang mudah dilaksanakan dan tidak membutuhkan alat bantu khusus serta tidak perlu merancang kegiatan siswa maka samapai saat ini banyak dipilih guru.

  1. Metode tanya jawab

Salah satu kelabihan dari metode tanya jawab adalah metode ini dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa. Dengan cara guru mengajukan pertanyaan yang terarah, siswa akan tertarik dalam mengembangkan daya pikir. Kemampuan berpikir siswa dan keruntutan dapat dioptimalkan melalui metode ini serta siswa bisa dengan mudah dalam mengemukakan pokok – pokok pikirannya dapat terdeteksi ketika menjawab pertanyaan. Metode tanya jawab ini dapat menjadi pendorong bagi siswa untuk lebih berfikir secara kritis dan dapat mengadakan penelusuran lebih lanjut pada berbagai sumber belajar. Pada penerapan metode tanya jawab ini akan bisa lebih efektif dan maksimal dalam mencapai tujuan apabila sebelum proses pembelajaran siswa ditugasi membaca materi yang akan dibahas.

Model Pengajaran Klasikal

Pengembangan model pengajaran klasikal didasarkan pada kecakapan hidup didasarkan atas pokok-pokok pemikiran bahwa hasil proses pembelajaran yang akan terus berkembang. Selain didasarkan pada penguasaan siswa terhadap kemampuan dasar, kompetensi dan materi pembelajaran tertentu, model pengajaran klasikal didasari juga berupa kecakapan lainnya yang secara implisit diperoleh melalui pengalaman belajar yang bisa memperoleh hasil samping yang positif atau bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya disini kami telah menyediakan Materi Layanan Bimbingan Klasikal yang telah disesuaikan dengan POP BK. Materi ini sengaja kami bagikan sebagai bahan referensi , silahkan bapak/ibu guru BK/Konselor. Untuk mengunduh/mendownload cukup klik link dibawah ini dengan gratis.

Materi Kelas 7 (Download Disini)

Agama Itu memuliakan (Download Disini)

Belajar dan Hasil Belajar (Download Disini)

Indahnya Kebersamaan (Download Disini)

Kegiatan ekskul dan prestasi belajar (Download Disini)

Mentaati Peraturan Sekolah (Download Disini)

Nilai-Nilai sosial (Download Disini)

Orientasi Layanan BK (Download Disini)

Pengaruh pergaulan remaja (Download Disini)

Perkembangan remaja (Download Disini)

Sekolahku dulu dan Sekarang (Download Disini)

 

Download Juga

Demikianlah Download Materi Layanan Bimbingan Klasikal Kelas 7 K13 bisa kami bagikan, semoga apa yang kami bagikan bermanfaat untuk rekan-rekan semua. Jangan lupa share dan bagikan kerekan-rekan yang lain. Terimakasih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *