Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021

Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021
Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021

Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021. Dengan merebaknya wabah pandemi Virus Corona di Indonesia yang sampai saat ini belum mereda dapat dipastikan bahwa alur Pendaftaran Siswa Baru akan berbeda dari biasanya. Tentunya ada beberapa hal yang perlu ditiadakan diantaranya adalah hal yang bersangkutan dengan mengumpulkan orang. Karena penerimaan PPDB untuk tahun ini sangat riskan dan berbahaya jika harus menggunakan konsep pendaftaran yang harus datang ke sekolah.

Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021

a. Pihak Dinas Pendidikan dan sekolah diminta menyiapkan mekanisme Pendaftan Peserta Didik Baru diantaranya meniadakan acara berkumpulnya siswa dan orangtua secara fisik di sekolah yang mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Corona Virus.
b. PPDB pada Jalur Prestasi dilaksanakan berdasarkan:
1) Nilai diperoleh dari akumulasi rapor lima semester terakhir; dan/atau
2) Nilai prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah seperli lomba- lomba;
c. Pemerintah menyediakan bantuan teknis bagi sekolah yang memerlukan mekanisme PPDB daring.

Jika dilihat dari SE Mendikbud No 4 Tahun 2020 mengenai pencegan wabah virus corona, maka setiap sekolah atau penyelenggara pendidikan harus memiliki cara pendaftaran yang tidak harus mengumpulkan orang/wali. Diantara cara atau strategi yang paling tepat adalah menggunkan metode daring atau online. Tetapi metode ini tentunya tidak serta merta tanpa kendala atau masalah. Untuk daerah – daerah yang minim akses internetnya tentunya menjadi masalah tersendiri.

Metode PPDB 2020/2021

Selain dari metode online setiap sekolah juga harus mempertimbangkan sistem seleksi Penerimaan Siswa Baru tanpa adanya sistem tes. Disini kami mencoba merekomendasikan syarat – syarat dan hal yang perlu dipersiapkan sebelum PPDB Tahun Ajaran 2020/2021 dilaksanakan. Hal atau syarat yang perlu dipersiapkan adalah :

1. Pengumuman Pendaftaran PPDB
2. Formulir Pendaftran Versi Dapodik bisa
3. Formulir Pendaftran S-1 a dan S-1 b
4. Surat Pernyataan orang tua/wali
5. Aplikasi PPDB
6. Aplikasi perhitungan usia anak
7. Tabel standar umur
8. Brosur PPDB
9. Pengumuman Pendaftaran PPDB
10. SK panitia PPDB
11. Laporan PPDB ke UPTD/ Dinas Pendidikan
12. Surat pernyataan diterima PPDB
13. Kartu peserta Tes PPDB
14. Surat keterangan Tes PPDB

Demikianlah informasi seputar Mekanisme Pendaftaran PPDB Tahun Ajaran 2020/2021 yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat.