MENPAN-RB : Jadwal Pengangkatan CPNS 2018 Dipastikan Akhir Juli

Posted on
MENPAN-RB : Jadwal Pengangkatan CPNS 2018 Dipastikan Akhir Juli
MENPAN-RB : Jadwal Pengangkatan CPNS 2018 Dipastikan Akhir Juli

MENPAN-RB : Jadwal Pengangkatan CPNS 2018 Dipastikan Akhir Juli. Dicariguru.com>>> Akhirnya setelah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia akhirnya kepastian jadwal penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 diungkapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur. Jadwal pengangkatan CPNS 2018 sendiri diungkapkan Asman usai Rakornas Kepegawaian 2018, hari ini, Rabu (11/7/ 2018) di gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang.

Dijelaskannya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, prioritas formasi CPNS 2018 sudah banyak yang memprediksi untuk tenaga pendidik atau guru dan kesehatan dan prediksi sebagian besar masyarakat memang benar untuk CPNS 2018 ini prioritas utamnya adalah tenaga kesehatan dan guru.

Baca Juga : Pernyataan MenPan Angin Segar Terkait Honorer

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terbuka atau dengan sistem CAT agar tidak ada berita-berita negatif seusai penerimaan CPNS 2018 nanti.

Baca: Jadwal Penerimaan CPNS 2018, Menpan Resmi Umumkan Formasi 100 Ribu Guru & Honorer, Ini Jadwalnya

“Ada 220 ribu ASN yang pensiun, oleh sebab itu dalam waktu dekat ini akan diumumkan formasinya untuk menempati posisi di pemerintah daerah dan kementerian atau lembaga. Seleksi akan dilakukan oleh BKN,” jelasnya.

Pihaknya memakai sistem minus growth sehingga jumlah yang diterima bakal kurang dari 220 ribu orang. Khusus tahun ini, bakal ada formasi khusus untuk posisi guru dan kesehatan.

Baca Juga : 3 Poin Penting Hasil Rakornas DPR RI dan Pemerintah Masalah Honorer

“Formasi guru dan tenaga kesehatan ini di luar dari teknis yang telah ditetapkan tadi. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Guru honorer kan sekarang tak bisa lagi tanpa tes. Jadi, bagi yang memenuhi syarat K2 silakan ikut tes. Rekrutmen dilakukan secara terbuka,” ujarnya.

Formasi untuk guru yang diperlukan tahun ini sekitar 100.000 orang. Ini untuk menutupi kekurangan tenaga pendidik di seluruh kabupaten, kota dan provinsi yang berjumlah sekitar 700.000 orang.

“Kekurangannya sekitar 700an ribu menurut data dari Kementerian Pendidikan. Tapi tahun ini kami buka formasi sekitar 100.000, dicicil dulu. Untuk formasi tenaga kesehatan belum bisa diumumkan karena masih menunggu data dari Kementerian Kesehatan. Demikian juga untuk tenaga diaspora karena masih menunggu data dari Kementerian Luar Negeri,” tegasnya.

Seleksi CPNS 2018 direncakan bakal digelar akhir Juli 2018 ini. Namun menurutnya waktu penerimaan seleksi CPNS 2018 masih fleksibel, berkaitan dengan penyusunan formasi. Bagaimana teknis dan kapan tanggal seleksi CPNS 2018, akan diumumkan lebih lanjut sebab pihaknya masih harus merumuskan jumlah keseluruhan formasi pasti yang dibutuhkan.

“Rencananya akhir Juli ini, tapi itu kan fleksibel saja ya karena merumuskan formasi itu kan nggak gampang,” tutup Asman usai terkait penerimaan CPNS 2018.

(Visited 3,342 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *