Tampilan Struktur Organisasi Pelayanan BK
Tampilan Struktur Organisasi Pelayanan BK

Struktur Organisasi Pelayanan BK Lengkap

Posted on

Sahabat dicariguru.com kali ini admin akan membahas tertang Struktur Organisasi Pelayanan BK Lengkap, sebelumnya kita bahas lebih dalam kita karus mengerti apa itu bagan struktur organisasi bimbingan konseling? Struktur organisasi BK merupakan sebuah bagan berisi informasi tentang nama atau jabatan pihak-pihak yang termasuk/dicantumkan ke dalam keorganisasian bimbingan dan konseling pada jenjang sekolah menengah pertama.

Apa tujuan dari pembuatan bagan tersebut? Tujuan pembuatan struktur organisasi pelayanan BK yaitu untuk menginformasikan siapa saja pihak-pihak yang terlibat dalam organisasi BK di sekolah.

Siapa yang harus membuatnya? Tentunya dalam penyusunan harus memilikki koordinator (termasuk guru BK) adalah orang yang harus membuat struktur organisasinya.

Siapa pihak yang harus dimasukkan/ dicantumkan dalam bagan struktur organisasi BK? Adapun pihak-pihak yang dicantumkan di dalam struktur organisasi BK antara lain: Dinas Pendidikan, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Organisasi Profesi, Kasubag TU, Koordinator BK, Guru BK, Wakil Kepala, Sekolah, Guru Mapel, Peserta Didik.

Pola Organisasi Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Agar manajemen bimbingan dan konseling di sekolah bisa berjalan seperti yang diharapkan maka harus didukung oleh adanya organisasi yang jelas  dan teratur.  Organisasi yang demikian itu secara tegas mengatur kedudukan, tugas dan tanggung jawab para personil sekolah yang terlibat. Demikian pula, organisasi tersebut tergambar dalam struktur atau pola organisasi yang bervariasi yang tergantung pada keadaan dan karakteristik sekolah masing-masing. Sebagai contoh, untuk sebuah sekolah yang jumlah siswanya sedikit dengan jumlah  guru yag terbatas maka pola organisasinya biasanya bersifat sederhana. Sebaliknya, jika sekolah tersebut siswanya jumlah banyak dengan didukung oleh personil sekolah yang memadai diperlukan sebuah pola oraganisasi bimbingan dan konseling yang lebih kompleks.

Secara operasional, pelaksana utama layanan bimbingan dan konseling di sekolah adalah para guru pembimbing atau konselor sekolah di bawah koordinasi seorang Koordinator bimbingan dan konseling. Namun, bimbingan dan konseling di sekolah yang oleh banyak pakar dikatakan sebagai team work (Shetzer dan Stone, 1985) dalam penyelenggaraan mau tidak mau akan melibatkan personil sekolah lainnya agar lebih berperan sesuai batas-batas kewenangan dan tanggung jawabnya.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini anda dapat melihat contoh bagan struktur organisasi bimbingan dan konseling.

1. VISI DAN MISI (Download Disini)

2. Struktur Organisasi Pelayanan BK (Download Disini)

3. Mekanisme kerja BK (Download Disini)

4, Mekanisme penanganan siswa bermasalah (Download Disini)

Gamabar Tampilan Struktur Organisasi Pelayanan BK

Organisasi Pelayanan BK
Organisasi Pelayanan BK

Gambar Tampilan Mekanisme Kerja BK

Tampilan Struktur Organisasi Pelayanan BK
Tampilan Struktur Organisasi Pelayanan BK

Gambar Tampilan Mekanisme Penanganan Siswa Bermasalah

Struktur Organisasi Pelayanan BK
Struktur Organisasi Pelayanan BK

Demikian contoh yang dapat kami bagikan untuk dijadikan sebagai suatu acuan dalam proses pembuatan bagan terkait struktur organisasi kerja dan personalia bimbingan konseling di sekolah menengah pertama. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *