Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan bagi Guru ASN dan Honorer

Dicariguru.com – Sahabat pendidik yang berbahagia pada postingan kali ini kami akan membahas mengenai Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan bagi Guru ASN dan Honorer. Tentu kita sebagai pendidik baik yang telah berstatus ASN ataupun yang masih berstatus tenaga Honor banyak yang menginginkan income / penghasilan tambahan yang bisa menjadi alternative pendapatan yang menjanjikan.

Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan
Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan

Akan tetapi karena keterbatasan waktu dan modal kita cukup bingung untuk menentukan usaha apa yang paling cocok dan tidak mengganggu kegiatan mengajar dan kegiatan ibadah. Nah berikut ini kami akan berbagi beberapa Ide usaha yang cocok untuk anda yang berprofesi sebagai guru.

Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa setiap bulan Ramadhan perputaran ekonomi akan cenderung meningkat. Karena banyaknya kebutuhan masyarakat baik berupa bahan makanan, pakaian , kosmetik dan kegiatan – kegiatan untuk mendukung suksesnya ibadah di bulan Ramadhan. Lalu ide usaha apa yang paling cocok untuk kita para guru ?

Macam – macam Ide Usaha Bagi Guru di Bulan Ramadhan

  1. Usaha cuka Empek – empek

Untuk usaha yang pertama saya rekomendasikan adalah membuat cuka empek-empek. Usaha ini saya rekomendasikan karena berdasarkan pengalaman pribadi. Selain cukup mudah dalam pembuatanya modal yang dibutuhkan juga cukup sedikit. Bahwa gorengan cocok jika dicocol ke cuka empek – empek. Dalam pemasaranya rekan – rekan bisa membuat paket hemat dengan dibungkus menggunakan botol – botol mineral selain itu dalam pemasyaranya bisa dipasarkan kepada teman – teman terdekat dulu.

Usaha cuka Empek – empek
Usaha cuka Empek – empek
  1. Usaha es Buah

Ide usaha yang pertama saya rekomendasikan adalah Es Buah. Usaha ini cukup menjanjikan karena selain mudah dibuat, keuntungan yang didapatkan juga cukup besar. Untuk setiap porsi es buah rata – rata dijual Rp 5.000 dengan rata – rata modal per porsi Rp 3.000. Jika rekan – rekan bisa menjual minimal 50 porsi maka sudah sudah bisa dipastikan rekan – rekan bisa mendapatkan hasil Rp 100.000 per hari

Usaha es Buah
Usaha es Buah
  1. Sayur Matang

Ide usaha yang ketiga ini juga merupakan ide usaha yang cukup menjanjikan dan laris manis di bulan Ramadhan. Terutama bagi rekan – rekan yang berdomisili disekitar kontrakan atau kos-kosan maka usaha sayur matang ini cukup layak untuk diperhitungkan dengan modal yang kecil bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Sayur Matang
Sayur Matang
  1. Usaha gorengan

Untuk usaha yang keempat ini merupakan usaha yang selalu identik dengan bulan ramadhan. Keuntungan usaha ketiga ini adalah mayoritas masyarakat yang berpuasa mencari gorengan akan tetapi untuk keuntungan yang didapat cukup sedikit banyak bersaingan dan bahan mentah yang sukup mahal.

Usaha gorengan
Usaha gorengan
  1. Usaha Hempers Lebaran

Usaha yang kelima ini merupakan usaha yang cukup trend di tahun 2023 ini usaha hempers lebaran adalah usaha paket hemat bingkisan yang bisa diisi dengan berbagai macam makanan kering dan minuman kebutuhan lebaran. Usaha ini cukup menjanjikan bagi para guru selain untuk modal yang cukup sedikit di setiap paket hempersnya.

Usaha Hempers Lebaran
Usaha Hempers Lebaran
  1. Usaha Perlengkapan Ibadah

Usaha yang keenam saya rekomendasikan untuk rekan – rekan guru adalah usaha perlengkapan ibadah. Usaha ini merupakan usaha yang cukup laris di bulan Ramadhan karena kebanyakan orang akan memperbanyak amalan baik dan mengumpulkan pahala. Tak heran, permintaan akan perlengkapan ibadah cenderung naik di bulan ini. Beberapa perlengkapan ibadah yang paling tinggi pembeliannya antara lain yaitu mukena, jilbab, sajadah, Al Qur’an, kopiah, dan tasbih.

  1. Usaha membuat wadah ketupat

Untuk ide usaha yang ketujuh saya rekomendasikan adalah membuat wadah ketupat. Untuk ide usaha yang keenam ini modal yang diperlukan cukup sedikit dan yang paling diperlukan adalah ketrampilan dalam membuat wadah ketupatnya. Nah bagi guru – guru yang memiliki keahlian membuat wadah ketupat ini merupakan ide usaha yang cukup menjanjikan karena setiap menjelang lebaran akan banyak yang memerlukan wadah ketupat.

Usaha membuat wadah ketupat
Usaha membuat wadah ketupat
  1. Usaha kue lebaran

Untuk rekan – rekan guru yang memiliki keahlian dalam membuat kue lebaran usaha yang kedelapan ini perlu rekan – rekan perhitungkan karena kebutuhan akan kue lebaran cukup tinggi.

====

Contoh laporan kegiatan keagamaan : Klik disini

Demikian tadi beberapa Peluang Usaha Menjanjikan di Bulan Ramadhan bagi Guru ASN dan Honorer yang bisa saya rekomendasikan untuk  rekan –rekan pendidik. Untuk ide usaha diatas merupakan ide usaha dengan modal yang cukup sedikit sihingga cukup cocok untuk rekan  – rekan yang membutuhkan usaha sampingan.