Pemerintah Tengaskan Angkatan CPNS 2018 Hanya Untuk Honorer K2

Posted on
Pemerintah Tengaskan Angkatan CPNS 2018 Hanya Untuk Honorer K2
Pemerintah Tengaskan Angkatan CPNS 2018 Hanya Untuk Honorer K2

Pemerintah Tengaskan Angkatan CPNS 2018 Hanya Untuk Honorer K2. Akhir-akhir ini banyak sekali yang menungu kapan kepastian CPNS 2018 resmi dibuka, tetapi dalam perjalananya ternyata banyak kabar dan informasi yang membingungkan termasuk mekanisme pengangkatan CPNS 2018 melalui jalur Honorer. Tetapi informasi terbaru yang kami dapatkan bahwa Pemerintah memprioritaskan menyelesaikan guru honorer K2 (kategori dua). Dia menargetkan tahun ini sudah ada guru honorer K2 yang dijadikan aparatur sipil negara (ASN).

Baca Juga : Siapa yang dimaksud honorer K2

Namun dari data base resmi Pemerintah dari total 438.590 honorer K2 yang berprofesi sebagai guru hanya 157.210 orang dan 86 dosen sedangkan yang lain tersebar sebagai tenaga teknis.

Menurut MENPAN-RB “Kami berhasil lakukan simulasi 60 ribuan orang memenuhi kriteria dari guru. Sedangkan dosen tidak ada yang memenuhi kriteria. Selain itu masalah umur yang di atas 35 tahun juga diperhitungkan karena MENPAN-RB harus mempertimbangkan aturan undang-undang juga,” terang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur dalam rapat kerja Badan Legislasi (Baleg) DPR RI tanggal 11 Juli 2018.

Baca Juga : Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka akhir Juli

Untuk tenaga administrasi yang telah masuk dalam data base resmi Pemerintah yaitu sebanyak 269.400, Menteri Asman meminta untuk para honorer K2 bersabar. Pihaknya masih butuh waktu untuk memverifikasi data-datanya by name by address agar tidak terjadi data yang tidak valid.

Baca Juga : Hasil Rapat Kerja DPR RI dan Pemerintah ini 3 Poin pentingnya

“Sebagai MenPAN-RB dan mantan anggota DPR, dalam mekanisme penggangkatan CPNS 2018 MENPAN-RB mengungkapkan ingin menyelesaikan masalah ini tanpa melanggar undang-undang dan transparan,”

Dalam penyelesaian tenaga administrasi khusus untuk Honorer K2, KemenPAN-RB harus koordinasi dengan KemenkumHAM, KemenKeu, Kemendagri. Ini karena mereka (honorer K2) akan ditempatkan di daerah yang sekiranya sangat membutuhkan terlebih dahulu.

Baca Juga : Cara daftar simulasi CAT online

MENPAN-RB juga mengungkapkan jika pengangkatan CPNS 2018 tidak boleh melebihi anggaran Saya ingin belanja daerah sehat agar belanja pegawai di APBD tidak lebih dr 50 persen. Saya mohon kami diberi kesempatan untuk mencari solusi agar setiap keputusan Pemerintah tidak melanggar aturan dan bisa mengakomodir kepentingan semua pihak. Hasil evaluasi terakhir akan kami sampaikan baik tertutup atau terbuka. Jadi semua pihak kami mohon untuk bersabar tandasnya.

(Visited 1,008 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *