Penerapan Metode Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Posted on
Penerapan Metode Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Penerapan Metode Pembelajaran Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Dicariguru.com sebagai sumber informasi guru kembali menyediakan Karya Ilmiah (Karil) sebagai referensi Bapak/Ibu guru dalam penyusunan PTK ataupun Karil dalam kenaikan pangkat. Karil ini kami bagikan secara gratis adapun karil atau PTK kali ini berkaitan dengan Penerapan Metode Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Penerapan Metode Stad sendiri dapat digunakan oleh Bapak/Ibu guru dalam mengajar di kelas. Selain sebagai alternatif metode pembelajaran Penerapan Metode Stad juga bisa membantu Bapak/Ibu guru dalam memaksimalkan kegiatan belajar mengajar

Penerapan Metode Pembelajaran Stad Bahasa Indonesia

Sejak terjadinya”Soempah pemoedaā€¯, 28 Oktober 1928, maka secara tidak langsung bangsa Indonesia menjadi dikenal secara luas Bahasa Indonesia dikenal secara luas menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Pada saat itu para pemuda sepakat untuk mengangkat bahasa Melayu-Riau sebagai bahasa Indonesia. Para pemuda menilai bahasa Indonesialah yang berpotensi dapat mempersatukan bangsa Indonesia yang terdiri atas ratusan suk’u bangsa atau etnik . Pengangkatan status ini ternyata bukan hanya isapan jempol. Fungsi utama Bahasa Indonesia adalah sebagai pemersatu bangsa lndonesia. Dengan menggunakan bahasa Indonesia maka secara tidak langsung memupuk persatuan dan kesatuan setiap individu yang berlainan bahasanya, rasa kesatuan dan persatuan bangsa yang berbagai etnis terpupuk.

Kehadiran Bahasa Indonesia di tengah-tengah ratusan bahasa daerah tidak menimbulkan sentimen negatif bagi etnis yang menggunakanya. Bahasa Indonesia dianggap sebagai pelindung sentimen kedaerahan dan sebagai penengah ego kesukuan. Bahasa Indonesia memang erat hubungannya dengan pemersatu bangsa selain itu juga sebagai alat untuk menyatukan berbagai suku yang mernpunyai latar belakang budaya dan bahasa masing-masing, kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa etnik yang bersangkutan akan disatukan dengan bahasa Indonesia justru dapat menyerasikan hidup sebagai bangsa yang bersatu tanpa menggalkan identitas.

Banyak yang beranggapan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat luar mengapa bisa dikatan seperti itu karena bahasa Indonesia bisa sebagai bahasa persatuan ini kepentingan nasional diletakkan jauh di atas kepentingan daerah dan golongan. Di samping fungsinya sebagai alat pemersatu bangsa, Bahasa Indonesia juga merupakan alat komunikasi dalam pembelajaran serta merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di dalam Ujian Nasional dari tingkat sekolah Dasar sampai SMA. Mata pelajeran Bahasa Indonesia termuat dalam kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai rnata pelajaran pokok.

Akan tetapi dalam prosesnya daya serap materi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya di sekolah dasar masih belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara iain 1) luasnya cakupan materi; 2) proses KBM yang kurang maksimal; 3) kurangnya daya dukung; dan iain-lain. Selain itu, usaha yang tidak maksimal dari guru sering disebut-sebut sebagai sumber kegagalan tercapainya nilai yang maksimal dalam mata pelajaran ini. oleh karena itu tidak mengherankan apabila banyaknya tuntutan mengenai kemampuan mengajar guru.

Untuk PTK lengkapnya silahkan downlod link dibawah…

Judul PTK

Kata Pengantar

PTK Model STAND

Lapiran PTK

Lembar Pengesahan

Jadwal Kegiatan PTK

Pengaruh Metode Pembelajaran Stad

Berdasarkan pengalaman mengajar sebelumnya untuk beberapa mata pelajaran yang tercantum dalam kurikulum kelas I SD Negeri 02 Makarti Kecamatan Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat terdapat mata pelajaran yang secara persentase nilai hasil belajar siswa atau tingkat penguasaan siswa masih rendah terutama pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa.

Rendahnya hasil belajar pada siswa untuk mata pelajaran Bahasa Indoneisa, menunjukan bahwa mata pelajaran Bahasa Indoneisa masih dirasakan sulit. Untuk menghindari permasalahan tersebut seorang pendidik dapat melakukan suatu metode pembelajaran yang dapat menghilangkan rasa bosan dan merubah rasa bosan tadi menjadi suatu ketertarikan dalam mempelajari mata pelajaran Bahasa Indoneisa. Metode STAD (Student Team Achievment Division) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.

(Visited 149 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *