Alhamdulillah, Penerimaan CPNS Diumumkan 27 Juni 2018

Posted on
Alhamdulillah, Penerimaan CPNS Diumumkan 27 Juni 2018
Alhamdulillah, Penerimaan CPNS Diumumkan 27 Juni 2018

DICARIGURU.COM – Akhir-Akhir ini tentunya banyak yang mencari informasi tentang penerimaan CPNS akhirnya di bulan mei ini Pemerintah akan membuka rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 gelombang ketiga. Adapun perbedaan pengangkatan CPNS dengan gelombang pertama dan kedua rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 dibuka untuk pemerintahan pusat (kementerian atau lembaga), sedangkan pada gelombang ketiga penerimaan CPNS dibuka oleh pemerintahan daerah.

Baca: Honorer Harus ikut Tes jika ingin jadi PNS

Penerimaan CPNS pada 2018 akan dibagi beberapa gelombang pada gelombang ketiga rekrutmen dan seleksi CPNS 2018, ada sebanyak 17.521 CPNS diterima untuk Kementerian Hukum dan HAM. Adapun jumlah CPNS yang sudah dibuka pada gelombang 1 dan 2 total CPNS diterima pada 2 gelombang pada tahun 2017 sebanyak 35.449 dari 1,2 juta pendaftar.

Alhamdulillah akhirnya penerimaan CPNS untuk tahun 2018 atau gelombang ketiga, ada sekitar 200 ribu CPNS akan diterima dan formasinya akan ditetapkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Mei 2018 atau bulan ini jadi anda selalu updete dan terus mengintip informasi di bulan Mei ini.

Adapun penerimaan CPNS rencananya baru akan dibuka setelah selesainya pemungutan suara Pilkada Serentak, 27 Juni 2018 nanti dengan beberapa pertimbangan mengapa harus setelah pilkada karena ditakutkan akan ada oknum-oknum yang memanfaatkan situasi, dan selain itu salah satu alasan utama adalah demi menghindari munculnya persepsi yang mengaitkan penerimaan tersebut dengan berlangsungnya Pilkada.

Baca: Langkah – langkah Cek Pengumuman Pre test PPG 2018 yang benar

“Pemerintah tidak ingin penerimaan CPNS disangkut-pautkan dengan kepentingan Pilkada,” ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan, Selasa (10/4/2018) seperti dilansir tribuntimur.com.

“Padahal penerimaan CPNS benar-benar hanya memenuhi kebutuhan PNS untuk meningkatkan pelayanan publik,” sebutnya.

Formasi CPNS diumumkan Mei.

Adapun pemerintah sendiri saat ini sedang menyusun draf dan formasi CPNS adapun rencananya draf serta daftar penerimaan CPNS akan diumumkan pada bulan Mei 2018 atau bulan ini.

Untuk alokasi penerimaan CPNS seperti yang sudah diketahui bersama bahwa formasi CPNS tahun 2018 tidak akan melebihi jumlah pensiun. Sementara itu yang menjadi prioritas utama pemerintah pada pengangakatan CPNS 2018 yaitu profesi guru dan tenaga kesehatan. Pemerintah melalui KemenPAN RB mengusulkan 200 ribu kuota CPNS) di pusat dan daerah pada tahun 2018 ini.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy meminta Asman untuk menambah formasi guru sebanyak 100 ribu orang di 2018.
Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar sebanyak 736 ribu di seluruh Indonesia.

Selamat mencoba rekrutmen dan seleksi CPNS 2018 ini.

(Visited 1,225 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *