Pengertian dan Syarat Rekrutmen PPPK
Pengertian dan Syarat Rekrutmen PPPK

Pengertian dan Syarat Rekrutmen PPPK tahun 2019

Posted on
Pengertian dan Syarat Rekrutmen PPPK
Pengertian dan Syarat Rekrutmen PPPK

Pemberitaan hangat tentang pengangkatan PPPK masih menjadi perbincangan hangat tak terkecuali masih banyak yang belum paham apa itu PPPK, PPPK sendiri memiliki pengertian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disingkat dengan PPPK / P3K, sedangkan Untuk Peraturan pengangkatan PPPK yang baru Pemerintah yang Mengatur tentang Manajemen PPPK adalah PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK / P3K.

Sebagai salah satu solusi untuk pengangkatan honorer Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah – PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau disingkat PPPK. Peraturan ini di buat oleh Pemerintah sebagai obat Kekecewaan Rekan-rekan guru yang tidak dapat mengikuti Tes CPNS 2018 atau bahkan yang kemaren gagal atau tidak lolos dan juga untuk guru yang terganjal dengan Usia yang sudah diatas 35 Tahun.

Untuk lebih lengkapnya silahkan download PP No 49 Disini

Pengertian PPPK adalah Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Pengertian tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen PPPK ini adalah salah satu aturan pelaksana dari UU ASN yang sangat krusial. Pemerintah telah menyiapkan solusi terbaik dengan dikeluarkanya PP No 49 selain untuk penyelesaian tenaga honorer, aturan ini dibuat dan ditujukan sebagai payung hukum bagi mekanisme berbasis merit untuk merekrut para tenaga profesional masuk ke dalam birokrasi dengan batas usia pelamar yang lebih fleksibel dan mudah dibanding rekrutmen CPNS, diantaranya adalah rekrutmen para diaspora (atlit berprestasi) dan profesional swasta.

Baca juga : Pengertian rekrutmen CPNS sistem Merit

Kebijakan PPPK yang di keluarkan oleh Pemerintah dimaksudkan dan diarahkan untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi dan jabatan fungsional tertentu dengan batas usia pelamar paling rendah 20 tahun, dan paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia pensiun jabatan yang dibutuhkan oleh Pemerintah atau instansi terkait. Selain itu yang paling penting dan perlu digaris bawahi bahwa PPPK juga akan memiliki kewajiban dan hak keuangan yang sama dengan ASN yang berstatus sebagai PNS dalam pangkat dan jabatan yang setara (artinya baik tunjangan fasilitas atau uang pensiun disamakan dengan PNS). Fleksibilitas untuk pengangkatan PPPK utamanya batas usia pelamar dan kesetaraan atas kewajiban dan hak ini oleh Pemerintah dirancang untuk memudahkan para talenta terbaik bangsa yang ingin berkontribusi dalam birokrasi tanpa terkendala batasan usia (jadi jangan sampai termakan HOAX).

Untuk persyaratan Menjadi Calon PPPK sebenarnya sudah dinyatakan dinyatakan dalam Pasal 16 Peraturan Pemerintah – PP Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja atau disingkat PPPK, bahwa untuk rekrutmen PPPK dinyatakan setiap warga negara Indonesia mempunyai kesempatan yang sama untuk melamar menjadi PPPK untuk JF dengan memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Usia paling rendah 20 (dua puluh) tahun dan palingtinggi 1 (satu) tahun sebelum batas usia tertentu pada jabatan yang akan dilamar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. Tidak pernah tersangkut hukum samapai dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat (dipecat) tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Pegawai Negeri Sipil, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, PPPK, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  4. Tidak terlibat politik praktis atau menjadi anggota pengurus partai politik,
  5. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yang akan dilamar;
  6. Memiliki kompetensi aatau keahlian yang dibuktikan dengan sertifikasi keahlian tertentu yang masih berlaku dari lembaga profesi yang berwenang dan kredibel untuk jabatan yang mempersyaratkan;
  7. Sehat rohani dan jasmani sesuai dengan persyaratan jabatan  yang dilamar; dan
  8. Persyaratan lain yang dibutuhkan dalam jabatan yang ditetapkan oleh PPPK.

Download daftar honorer terjaring PPPK

Untuk Penjelasan tentang apa Perbedaan dan Persamaan Antara PPPK dengan PNS/ASN maka silahkan (Klik Disini)

Selengkapnya, silahkan download Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, melalui tautan dibawah ini:

PP Nomor 49 Tahun 2018 (Download)

Semoga informasi mengenai Pengertian PPPK dan Syarat PPPK 2018 dapat memberi gambaran tentang rekrutmen PPPK. Share dan bagikan ke rekan –rekan anda.

(Visited 486 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *