Pengertian Majas
Pengertian Majas

Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya

Posted on
Pengertian Majas
Pengertian Majas

Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya – Rekan-rekan dicariguru.com tentunya kita sebagai seorang pendidik sudah tidak asing lagi dengan majas, majas atau gaya bahasa memiliki pengertian pemanfaatan khasanah bahasa, penggunaan ragam bahasa tertentu untuk memperoleh nuansa bahasa tertentu yang membuat sebuah karya sastra semakin hidup dalam menyampaikan pikiran dan perasaan, baik secara lisan maupun tertulis sehingga tercipta katat- kata baru yang lebih mudah untuk digunakan dan dipahami.

Jenis – Jenis Majas
Majas dibagi menjadi 4, yaitu

A. Majas Perbandingan

Majas perbandingan adalah gaya bahasa dalam membandingkan dua unsur atau lebih yang memilikmi kesamaan tingkat. Macam- macam majas perbandingan:

1. Majas Asosiasi (perumpamaan)
Penertian majas asosiasi ialah majas untuk menggambarikan seseorang dengan suatu benda majas asosiasi ini biasanya ditandai dengan kata penghubung seperti, bak, layaknya, ibarat, dan bagai berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Wajahnya berkilau bak mutiara.
Perasaannya ibarat kapas putih

2. Majas Metafora
Pengertian majas metafora ialah majas untuk membandinggkan dua benda yang berbeda karena memiliki kesamaan sifat berikut contoh penulisanya :
Contoh:
a. Rumah pak lurah dilahap sijago merah.
b. Aldi adalah bintang kelas XI IPA

3. Majas personifikasi
Majas personifikasi adalah majas yang digunakan untuk menggambarkan benda mati yang seolah-olah memiliki sifat layaknya manusia berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Tanpa hadirmu disini, dinginnya malam selalu menyelimuti tubuhku.

4. Majas simbolik
Pengertian majas simbolik adalah majas untuk menggambarkan manusia dengan benda-benda mati berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Akhirnya perkara itu dibawa ke meja hijau.

5. Majas sinekdok
Pengertian majas sinekdoke ialah majas yang digunakan untuk menyatakan suatu bagian untuk menggantikan keseluruhan atau menyatakan keseluruhan untuk suatu bagian. Adapun majas sinekdoke sendiri dibagi menjadi 2 yaitu:

a. Majas sinekdoke pars pro toto
Majas sinekdoke pars pro toto merupakan majas yang digunakan untux menyatakan suatu bagian untuk keseluruhan. Contohnya yaitu: Sampai sekarang , belum juga kelihatan batang hidung adi.entah kemana anak itu.

b. Majas sinekdoke totem pro parte
Majas sinekdoke totem pro parte merupakan majas yang menyebutkan keseluruhan untuk suatu bagian. Contohnya yaitu: SMA TARUNA memenangkan olimpiade sains 2017

B. Majas Pertentangan

1. Majas Hiperbola
Pengertian majas hiperbola ialah majas yang digunakan untuk menyatakan ungkapan dengan cara berlebihan berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Senyuman ani meluluhlantakkan hatiku

2. Majas Litotes
Majas litotes adalah Majas yang digunakan untuk mengungkapkan pernyataan merendah berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Silahkan singgah di gubuk kami.

C. Majas Sindiran

Majas sindiran hanya ada satu yaitu majas ironi. Majas ini digunakan untuk mengungkapkan hal yang bertentangan atau bermaksud untuk menyindir seseorang berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Rapi sekali kamarmu ini seperti kapal pecah

D. Majas penegasan

1. Pleonasme
Majas pleonasmme adalah majas menggunakan kata-kata yang berlebihan yang berfungsi untuk menegaskan suatu hal berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Ia masuk ke dalam ruangan tersebut dengan wajah semringah.

2. Repetisi
Majas repetisi adalah majas yang mengulang kata-kata dalam sebuah kalimat sehingga diras kurang efektif berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Dia orangnya, Dia pelakunya, dia pencurinya, dia yang mencopet dompetku tadi dipasar.

3. Retorika
Majas retorika dalah majas yang memberikan penegasan dalam bentuk kalimat tanya dan tidak memerlukan jawaban berikut contoh penulisanya :
Contoh:
kenapa selalu seperti itu kamu dalam setiap mendapat masalah?

4. Klimaks
Majas klimaks adalah majas yang mengurutkan sesuatu dari tingkatan rendah ke tinggi berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Bayi, anak kecil, remaja, orang dewasa, hingga orang tua seharusnya memiliki asuransi kesehatan.

5. Antiklimaks
Majas antiklimaks adalah majas untuk menegaskan sesuatu dengan mengurutkan suatu tingkatan dari tinggi ke rendah berikut contoh penulisanya :
Contoh:
Masyarakat perkotaan, perdesaan, hingga yang tinggi di dusun seharusnya sadar akan kearifan lokalnya masing-masing.

Demikian penjelasan tentang Pengertian Majas, Beserta Jenis dan Contoh dalam penulisanya. Semoga apa yang kami bagikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan sedikit referensi tentang majas.kami sangat sadar bahwa artikel ini masih banyak terdapat kekurangan. Kami sangat senang apabila anda berkenan memberikan kritik dan saran agar kami lebih baik lagi dan belajar menjadi yang terbaik. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *