Pengertian SK KD dan Indikator Pembelajaran

Posted on

Dicariguru.com— Perubahan kurikulum selalu menjadi tantangan dari waktu ke waktu .Pergantian kurikulum menjadi tuntutan dan keharusan yang harus kita jalani. Yang perlu kita cermati sekarang ini adalah mengenali elemen perubahan dengan sikap terbuka, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan agar dapat mengelola perubahan sehingga menjadi sekolah yang adaptif terhadap perubahan. Disini dicariguru.com kembali menulis artikel utuk bapak dan ibu guru sebagai bahan referensi dalam bembelajaran. Kali ini dicari guru membahas tentang pengertian SK, KD dan Indikator dimana ke tiga penertian ini harus dipahami oleh setiap guru. Baiklah langsung saja untuk pengertian yang pertama :

 

1. Pengertian Standar Kompetensi

Standar Kompetensi dalam mata pelajaran merupakan hal yang sangat penting dikarenakan suatu pokok dalam kurikulum, berikut pengertian SK adalah deskripsi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dikuasai oleh setiap peserta didik setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran tertentu sesuai dengan kurikulum dan pada jenjang pendidikan tertentu pula. Dicariguru.com menyimpulkan secara singkat pengertian Standar kompetensi merupakan kerangka yang menjelaskan dasar pengembangan program pembelajaran yang terstruktur dan sistematis

Baca Juga : Fungsi Media Pembelajaran bagi guru dan siswa

Pada dasarnya setiap mata pelajaran yang diberikan mulai dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi, standar kompetensi sudah ditentukan oleh para pengembang kurikulum, yang dapat kita lihat dari standar isi. Standar Kompetensi bisa saja ditambah apabila sekolah memandang perlu mengembangkan mata pelajaran tertentu yang sesuai dengan kondisi lingkungan atau geografis misalnya pengembangan kurikulum muatan lokal, maka perlu dirumuskan standar kompetensinya sesuai dengan nama mata pelajaran dalam muatan lokal tersebut.

 

2. Pengertian Kompetensi Dasar / KD

Secara singkat pengertian Kompetensi Dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai atau dikuasai oleh siswa setelah mereka mendpatkan pembelajaran yang bertujuan untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dan uraian dari standar kompetensi.

Baca juga : Cara Guru Memotivasi Siswa

3. Pengertian indikator
Indikator dalam artian umum, dapat diartikan sebagai indikasi atau ciri-ciri dimana keberhasilan atau ketercapaian materi dapat terlihat serta merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur baik melalui penilaian yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada pengembangan indikator, didasarkan pada karakteristik peserta didik,mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah yang mana materi pembelajaran yang akan dicapai harus sesuai dengan kemampuan dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur atau dapat diobservasi.

demikianlah paparan pengertian SK KD . SK (Standar Kompetensi) KD (Kompetensi Dasar) dan Indikator semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman-teman anda

(Visited 430 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *