RPP 1 Lembar / Halaman Kelas 4 Tema 8

Posted on
RPP 1 Lembar / Halaman Kelas 4 Tema 8
RPP 1 Lembar Kelas 4 Tema 8

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 8. Rekan – rekan dicari guru selamat berjumpa kembali di situs berbagi kami. Kali ini kami akan membagikan administrasi berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Edisi Revisi Terbaru menurut Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019. Tentunya sebagai seorang pendidik sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), karena RPP merupakan administrasi wajib yang harus dimiliki oleh guru. Fungsi RPP sendiri secara mudah bisa diartikan sebagai gambaran atau sekenario awal pembelajan. Dengan adanya RPP guru bisa menuangkan gambaran dan sistem pelaksanaan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Untuk itu disini kami membegikan RPP Kelas 4 Semester 2 Tema 8 Format 1 (satu) halaman k13 Revisi.

RPP 1 Halaman Kelas 4 Tema 8

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang baru Nadiem Makarim telah mengeluarkan kebijakan baru yang cukup mengagetkan dunia pendidikan. Kebijakan baru yang dikeluarkan bulan Desember 2019 ini disebut sebagai kebijakan MERDEKA BELAJAR dimana 4 kebijakan tersebut meliputi UN, USBN, PPDB Zonasi dan RPP. Terkait dengan RPP kebijakan yang dilakuakan adalah membuat RPP menjadi lebih ringkas dan efisien walaupun menurut saya pribadi masih perlu ada beberapa komponen yang perlu ditambahkan. Terutama untuk pembelajaran jenjang SD/MI yang mengunakan kurikulum 2013 dan sistem pembelajaranya bisa dikatakan borongan dalam 1 hari dan terdiri dari beberapa mata pelajaran.

Dalam kebijakan baru ini penyusunan RPP menitik beratkan pada 3 poin utama yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan Asesmen atau penilaian. Tentunya tiga poin yang dimaksud ini diluar identitas RPP serta KD RPP yang notabene harus dicantumkan di dalam RPP. Setalah kami menyusun dan mengutak – atik format RPP terbaru memang cukup sulit jika RPP K13 jenjang SD/MI diringkas ke dalam 1 halaman. Disini kami mencoba memberikan RPP K13 Kelas 4 Semester 2 Tema 8 Format 1 Halaman dengan menggunakan format ukuran kertas F4 dengan huruf times new roman ukuran 12 atau arial ukuran 11.

Format RPP 1 Halaman

Esensi maksud dan tujuan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 adalah efisensi dimana pendidik atau guru dituntut untuk lebih fokus dalam membimbing dan mengajar siswa bukan berkutat dengan administrasi kelas. Dari itu di dalam RPP terbaru ini yang menjadi fokus utama adalah tiga poin pokok yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan Asesmen atau penilaian. Berikut ini kami berikan sistematika dan format RPP 1 Halaman Revisi Surat Edaran Nomor 14 Tahun 2019 :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)  Judul

KOP RPP Meliputi

  • Satuan Pendidikan : SD/MI………………..
  • Kelas / Semester :
  • Tema :
  • Sub Tema :
  • Pembelajaran ke :
  • Alokasi waktu :
  • Muatan Pelajaran :
  • Pelaksanaan : ……………………..

Fokus RPP Meliputi

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Langkah-langkah Pembelajaran
  3. Kegiatan Pendahuluan
  4. Kegiatan Inti
  5. Kegiatan Penutup
  6. Penilaian

Contoh RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  • Satuan Pendidikan                 : SD N 01 Dicariguru.com
  • Kelas/Semester                      :  IV/2
  • Tema 8                                     :   Daerah Tempat Tinggalku
  • Subtema                                   :  Lingkungan Tempat Tinggalku
  • Pembelajaran ke-                   :  2
  • Fokus Pembelajaran              :  Bahasa Indonesia, dan IPA, SBdP

TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Dengan kegiatan menyanyikan lagu daerah, siswa dapat menyanyikan lagu dengan tempo dan tinggi rendah nada yang tepat.
  2. Dengan kegiatan mengidentifikasi tinggi rendah nada pada teks lagu daerah, siswa dapat mengetahui tinggi rendah nada pada lagu.
  3. Dengan kegiatan membaca cerita fiksi, siswa dapat mencermati tokoh-tokoh cerita.
  4. Dengan kegiatan menceritakan kembali cerita fiksi, siswa dapat menceritakan tokoh-tokoh pada cerita fiksi dan bercerita dengan benar.
  5. Dengan kegiatan mencari tahu jenis-jenis cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan pengertian jenis-jenis cerita fiksi dan menyebutkan contoh-contoh cerita fiksi.
  6. Dengan kegiatan mengidentifikasi jenis cerita fiksi, siswa dapat menjelaskan jenis cerita fiksi yang dibaca.
  7. Dengan mendorong meja, siswa dapat mengetahui perubahan gerak akibat gaya.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan Pendahuluan

  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan kehadiran siswa
  • Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. (religius).
  • Menyanyikan lagu nasional Guru memberikan penguatan semangat Nasionalisme.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit (literasi)

Kegiatan Inti

AYO BERNYANYI

  1. Guru meminta siswa mengamati teks lagu berjudul ”Yamko Rambe Yamko”. Kemudian, guru menjelaskan bahwa lagu tersebut dinyanyikan dengan nada dasar C=do. Birama lagu adalah 4/4. Artinya, dalam satu birama terdapat empat ketukan. Lagu dinyanyikan dengan bersemangat.
  2. Siswa diminta bersama-sama menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” dengan penuh semangat.

AYO BERLATIH

  1. Guru menjelaskan bahwa saat menyanyikan sebuah lagu harus memperhatikan tempo dan tinggi rendah nada. Guru mengajak siswa mengingat kembali tentang pengertian tempo dan tinggi rendah nada. Tempo adalah cepat dan lambat ketukan dalam lagu. Sementara yang dimaksud tinggi rendah nada yaitu tinggi rendah nada yang berurutan dalam lagu yang disebut melodi.
  2. Siswa diminta membaca penjelasan tentang tempo dan tinggi rendah nada pada buku siswa.
  3. Siswa diminta mengidentifikasi tinggi rendah nada teks lagu ”Yamko Rambe Yamko”.
  4. Kegiatan ini dapat dilakukan, baik individu, berpasangan, maupun kelompok.
  5. Siswa diminta menuliskan hasil identifikasinya.
  6. Selanjutnya, siswa diminta menyanyikan lagu ”Yamko Rambe Yamko” bersama guru sesuai dengan tempo dan tinggi rendah nada. Guru memberikan aba-aba dengan ketukan.
  7. Siswa dapat diberikan kesempatan mengetok tempo musik yang diinginkan. Kecepatan dapat diubah-ubah sehingga siswa dapat merasakan mana yang tempo yang sesuai dengan teks serta sesuai suasana dengan lagu.
  8. Lagu bisa dinyanyikan dengan agak cepat atau cepat bersemangat.
  9. Agar nada tetap, saat vokalisasi (do-re…) naik turun tanpa dengan ngotot. Usahakan menggunakan otot leher.
  10. Untuk dapat mendengar nada yang dinyayikan, usahakan tidak bernyanyi dengan kuat atau berteriak.
  11. Setelah bernyanyi, siswa diminta menjelaskan tinggi rendah nada pada lagu
  12. Siswa juga diminta untuk menuliskan makna lagu ”Yamko Rambe Yamko”.
  13. Selanjutnya, siswa diminta menyampaikan hasil identifikasinya di depan guru dan teman atau kelompok lain.
  14. Guru dapat mengarakan identifikasi jarak nada dalam melodi. Contoh identifikasi melodi : tidak melopat terlalu jauh, bahkan jarak nada banyak yang pendek. (Solke la, do,re,mi)
  15. Guru memberi kesempatan siswa atau kelompok lain jika ada jawaban berbeda.

AYO MEMBACA

  1. Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa.
  1. Kemudian, guru menjelaskan bahwa selain lagu daerah, hampir setiap daerah di Indonesia terdapat cerita rakyat yang terkenal dan menjadi ciri khas daerah tersebut.
  2. Siswa diminta membaca cerita berjudul Kasuari dan Dara Makota. Siswa dapat membaca cerita dengan senyap ataupun secara nyaring.

 AYO BERLATIH

  1. Siswa telah membaca dan memahami isi cerita ”Kasuari dan Dara Makota”.
  2. Siswa diminta menyebutkan tokoh-tokoh pada cerita tersebut, lalu menceritakan kembali sifat tokoh pada cerita dengan bahasanya sendiri.

 AYO BERDISKUSI

  1. Siswa telah membaca dan memahami isi cerita Kasuari dan Dara Makota. Kemudian, guru mengajak siswa untuk mengingat kembali cerita pada pembelajaran 1, yaitu cerita Asal Mula Telaga Warna. Guru menjelaskan bahwa kedua cerita tersebut merupakan cerita fiksi. Ada berbagai jenis cerita fiksi, di antaranya cerita rakyat, cerpen, dan novel. Cerita rakyat sendiri beragam antara lain cerita jenaka, mite, fabel, legenda, dan sage.
  2. Selanjutnya, siswa diminta diminta untuk mencari tahu jenis-jenis cerita fiksi tersebut dan contohnya.
  3. Kegiatan ini dapat dilakukan secara individu, berpasangan, ataupun kelompok.
  4. Guru memberi kebebasan kepada siswa untuk mencari informasi dari berbagai sumber, misalnya bertanya kepada orang yang dianggap tahu, membaca buku-buku di perpustakaan, atau mengakses informasi dari internet.
  5. Siswa diminta menuliskan informasi yang diperoleh.
  6. Kemudian, siswa diminta membacakan informasi yang diperoleh di depan teman-temannya.
  7. Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menambahkan jawaban jika ada informasi tambahan.
  8. Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban semua siswa.

AYO BERLATIH

  1. Siswa telah mengetahui dan memahami jenis-jenis cerita fiksi dan contohnya. Kemudian, siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis cerita fiksi berjudul Asal Mula Telaga Warna dan Kasuari dan Dara Makota.
  1. Kegiatan ini lebih cocok dilakukan secara mandiri.
  2. Siswa menuliskan hasil identifikasi jenis cerita fiksi dan penjelasannya.
  3. Siswa diminta untuk menyampaikan hasil identifikasi di depan teman-temannya.
  4. Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menyampaikan pendapatnya jika ada jawaban berbeda.
  5. Guru mengonfirmasi dan mengapresiasi jawaban siswa.

AYO MENCOBA

  1. Siswa diminta membaca narasi pada buku siswa. Guru mengajak siswa mengingat kembali materi tentang gaya dan gerak. Gaya adalah suatu kekuatan yang mengakibatkan benda yang dikenainya dapat mengalami gerak, perubahan kedudukan, atau perubahan bentuk. Gaya juga dapat diartikan sebagai tarikan atau dorongan yang dapat memengaruhi keadaan suatu benda. Sementara itu, gerak adalah perpindahan kedudukan suatu benda terhadap benda lainnya, baik perpindahan kedudukan yang mendekati maupun menjauhi suatu benda atau tempat asal akibat benda itu dikenai gaya. Jadi, gaya memengaruhi gerak suatu benda.
  2. Selanjutnya, siswa diminta untuk mencoba melakukan kegiatan untuk mengetahui pengaruh gaya terhadap gerak benda, yaitu perubahan gerak akibat gaya.
  3. Kegiatan ini dilakukan oleh siswa secara berpasangan.
  4. Siswa melakukan percobaan menggunakan alat berupa meja.
  5. Siswa mengikuti langkah kegiatan pada buku siswa saat melakukan percobaan.

AYO MERENUNGKAN

  1. Berdasarkan pertanyaan pada buku siswa: Apa yang kamu pelajari hari ini? Apa yang harus kamu perhatikan saat menyanyi? Apakah pengaruh gaya terhadap gerak benda?
  2. Secara mandiri siswa diminta untuk mengemukakan pendapatnya berdasarkan pemahaman yang sudah didapatkannya selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
  3. Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai tempo, tinggi rendah nada, jenis-jenis cerita fiksi, dan pengaruh gaya terhadap gerak benda.

Kegiatan Bersama Orang Tua

  • Pemahaman mengenai materi yang dipelajari kembali oleh siswa di rumah bersama orang tua guru memantau pembelajaran melalui blog dicari guru,com

Kegiatan Penutup

  • Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
  • Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah nasionalisme
  • Salam dan do’a penutup di pimpin oleh salah satu siswa.

PENILAIAN

  • Penilaian Sikap : Observasi selama kegiatan berlangsung
  • Penilaian Pengetahuan
  • Penilaian Keterampilan

Download RPP 1 Halam Kelas 4 Tema 8

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Satu Halaman Kelas 4 ini dibuat atau disusun berdasarkan hasil ringkasan dari RPP K13 Revisi 2018 dan disusun per pembelajaran dalam satu hari serta di urutkan per sub tema. RPP Kelas 4 semester 1 ini terdiri dari 24 lebar isi RPP. Untuk mendownloadnya silahkan klik link yang kami sediakan di bawah ini.

Download RPP Kelas IV Format Satu Lembar Tema 8 Sub Tema 1

Download RPP Kelas IV Format Satu Lembar Tema 8 Sub Tema 2

Download RPP Kelas IV Format Satu Lembar Tema 8 Sub Tema 3

Download RPP Kelas IV Kegiatan Berbasis Proyek

Demikian tadi RPP K13 1 Halaman Kelas 4 Tema 8 Kurikulum 2013 yang bisa kami berikan. Tentunya maksud dan tujuan kami membagikan administrasi ini adalah untuk mempermudah rekan – rekan dalam mencari refisi RPP terbaru. Selain RPP sendiri komponen – komponen pelengkap sperti Silabus, KKM, Prota, Promes, Jurnal, Kisi-kisi, Bank Soal juga harus anda persiapkan sebagai kemudahan dalam kegiatan pembelajaran.

Administrasi SD/MI Penting Laiinya…