Download RPP matematika Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Posted on

RPP Matematika Kelas 5 Semester 2

Dicari guru.com kembali menyediakan Download RPP matematika Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017.  RPP matematika Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 sangatlah mudah hanya dengan mengklik tautan di bawah. RPP matematika Kelas 5 semester 2 tematik Kurikulum 2013 merupakan hasil revisi dari dari RPP Kelas 5 sebelumnya yang telah disempurnakan.

Download RPP matematika Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Download RPP matematika Kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Rpp matematika kelas 5 k13 revisi  ini di tujukan untuk peningkatan kualitas pendidikan saat ini menjadi prioritas, baik oleh pemerintah maupun pemerintah daerah. Peningkatan kompetensi guru adalah salah satu komponen yang menjadi fokus perhatian . Untuk mendukung prestasi belajar siswa peran guru dalam pembelajaran di kelas merupakan kunci keberhasilan. Guru yang profesional dituntut mampu membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Matematika bersifat sangat kuat dan jelas artinya mata pelajaran matematika di sekolah dasar merupakan salah satu program pembelajaran yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, dan efektif serta merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui melalui proses penalaran deduktif yang memiliki arti kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sehingga keterkaitan antar konsep. Oleh karena itu, bidang ilmu matematika bersifat hirarkis, dimana pengetahuan yang satu menjadi dasar bagi pengetahuan selanjutnya atau pengetahuan yang satu memerlukan pengetahuan prasyarat yang lainnya. RPP matematika Kelas 5 semester 2.Matematika sebagai disiplin ilmu yang potensial dalam memediasi tumbuhnya kemampuan berpikir logis, analitis dan sistematis merupakan karakteristik matematika yang abstrak dan hirarkis. untuk itu kami menyediakan rpp matematika kelas 4 semester 2

Kunjungi Juga

Dalam Standar Isi mata pelajaran matematika disebutkan bahwa matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan meng¬hitung, mengukur, menurunkan menggunakan rumus matematika sederhana yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari melalui materi mengenal segi tiga, segiempat, dan lingkaran merupakan ilmu universal yang mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia serta mendasari perkembangan teknologi moderen . Perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang dan matematika diskrit merupakan perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi. (Standar Isi, 2006: 416) menerangkan untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan matematika yang kuat sejak dini.

Perkembangan pendidikan

Dalam perkembangan pendidikan yang begitu cepat maka kompetensi yang harus diperoleh peserta didik adalah kemampuan memperolehmengelola, dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif kompetensi tersebut diperlukan.Oleh karena itu, pada saat belajar matematika, siswa diharapkan akan belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan penalaran, yaitu alasan-alasan logis yang dapat diterima oleh akal. Kemampuan bernalar inilah yang merupakan kelebihan manusia dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya. Kemampuan tersebut dapat ditularkan dari satu generasi ke generasi berikutnya dengan pendidikan. Hal itu sejalan dengan Tujuan Pendidikan Matematika di Indonesia adalah untuk membentuk pola pikir matematika, yaitu suatu pola pikir yang logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efisien dan efektif, serta kemampuan bekerja sama sebagaimana yang tertuang dalam Kurikulum Matematika. Geometri dan Pengukuran merupakan bagian dari ruang lingkup mata pelajaran matematika di sekolah dasar (Standar Isi, 2006: 417). Sekelompok masyarakat dan telah dianggap sebagai sebuah abstraksi dari dunia nyata atau sebuah model yang membantu pikiran atau logika karena geometri seperti cabang ilmu matematika yang lain lahir berabad tahun silam dari kondisi ril kehidupan sehari-hari. Kunci untuk mengembangkan keterampilan dalam pengukuran adalah pengalaman yang cukup dengan kegiatan pengukuran sedangkan konsep-konsep dan keterampilan dalam pengukuran di dalam kurikulum matematika semuanya berkaitan dengan membandingkan apa yang diukur dengan apa yang menjadi satuan ukuran standar.

Guru perlu meningkatkan kompetensi profesionalismenya terkait dengan disiplin ilmu matematika, khususnya pada topik Geometri dan Pengukuran. Penguasaan fakta, konsep, prinsip, dan keterampilan matematika para guru harus terus dimantapkan, ditingkatkan, dan dikembangkan. Pemantapan tersebut tidak hanya terkait pengetahuan konseptual dan prosedural tetapi juga pemantapan kemampuan guru dalam menggunakan matematisasi horisontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dunia nyata atau kehidupan sehari-hari. Hal itu tertuang dalam Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru pada Kompetensi Profesional Matematika pada pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa setiap guru wajib memenuhi standar yang memenuhi kualifikasiakademik dan kompetensi guru yang berlaku secara nasional.

Berikut kami bagikan Downlod RPP Matematika Kelas 5 semester 2 K13 Revisi 2017 beserta kelengkapan administrasi lain

1. RPP 5 Volume Bangun Ruang 

2. RPP 6 Jaring Bangun Ruang

3. RPP 7 Penyajian data tunggal

4. ANALISIS KETERKAITAN SKL-KI-KD
5. ANALISIS KD MTK
6. PENETAPAN IPK MTK
7. SILABUS
8. PEMETAAN KD DN TEHNIK PENILAIAN
9. ANALISIS ALOKASI WAKTU
10. PROTA
11. PROMES
12. KKM

Downlod RPP Tema Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

DOWNLOAD RPP SD KELAS 5 KURIKULUM 2013 REVISI 2017
RPP Kelas 5 Tema 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 3 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 6 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)
RPP Kelas 5 Tema 9 Kurikulum 2013 Revisi 2017 ( Unduh Disini)

Kelebihan RPP Matematika K13 Revisi 2017

Dalam RPP Matematika kelas 5 semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Banyak dibahas tentang Metode bervariasi yang akan digunakan dalam proses perbaikan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran Matematika ini metode yang akan dibuat untuk memperbaiki proses belajar mengajar adalah Metode bervariasi. Yang di maksud dengan metode bervariasi adalah penggunaan beberapa metode pembelajaran yang digunakan dalam satu proses pembelajaran. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan gabungan beberapa metode pembelajaran antara lain yaitu 1). Direct Instruction (Pembelajaran langsung) 2). Cooperatif Learning (Pembelajaran berbasis kelompok) dan 3) Problem Base learning (Pembelajaran berbasis masalah).

Yang dimaksud dengan Direct Instruction atau Pembelajaran langsung adalah metode pembelajaran yang mengutamakan siswa mempunyai pengalaman langsung dengan mengerjakan sendiri dalam belajar. Siswa secara langsung memperhatikan demontrasi kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru dan secara langsung diikuti oleh siswa secara ber ulang ulang sampai pada tahapan siswa dapat mengerjakan sendiri tanpa bantuan guru.
Metode yang kedua adalah cooperative Learning atau pembelajaran berbasis kelompok yaitu strategi pembelajaran yang menekankan pada sikap atau prilaku bersama dalam bekerja atau membantu diantara sesama dalam struktur kerja sama yang teratur di dalam kelompok yang terdiri dari dua atau lebih siswa.
Metode yang kedua adalah Metode Problem based learning atau pembelajaran berbasis masalah. Yaitu strategi pembelajaran yang mengutamakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah baik secara individu maupun berkelompok.

Menurut Soegito dan Nurani (2002), penggunaan metode mengajar yang bervariasi dapat meningkatkan minat siswa untuk mengikuti pelajaran, sehingga akan menigkatkan prestasi belajar.
Dengan kombinasi beberapa metode pembelajaran tersebut maka perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini dinamakan Metode Bervariasi. Untuk menetapkan jenis metode apa yang akan dikombinasikan dalam proses belajar mengajar disesuaikan dengan jenis materi yang akan di sampaikan. Dalam proses perbaikan pembelajaran matematika ini peneliti menetapkan tiga strategi pembelajaran yaitu Direct Instuction, Cooperatif Learning, dan Problem Based learning.

(Visited 11,788 times, 44 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *