Saingan Semakin Ketat, Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS 2018

Posted on
Saingan Semakin Ketat, Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS 2018
Saingan Semakin Ketat, Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS 2018

Saingan Semakin Ketat, Pemerintah Prioritaskan Diaspora Jadi CPNS 2018. Jakarta – Tentunya dengan adanya Prioritas dari pemerintah menambah alokasi angkatan CPNS 2018 dari Diaspora akan membuat formasi CPNS berkurang dan tentunya menambah berat persaingan para pelamar CPNS 2018. Pemerintah bakal membuka jalur prioritas untuk para diaspora atau anak bangsa yang berkarir di luar negeri dalam seleksi pembukaan lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018.

Lantas berapa yang disiapkan untuk jalur diaspora ini?

Kepala Biro Hukum sendiri belum secara pasti mengeluarkan stetmen tentang berapa jumlah formasi CPNS yang diajukan ke Pemerintah untuk formasi CPNS Diaspora akan tetapi Komunikasi dan Informasi Publik ( Humas) Kementerian PANRB Mudzakir mengatakan untuk saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dalam menghitung formasi khusus untuk diaspora.

“Dengan diaspora masih perlu koordinasi data dan validasinya dengan Kementerian Luar Negeri,” katanya kepada detikFinance Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Selain itu dari pihak kepala biro sendiri mengatakan bahwa pihaknya juga masih belum bisa memperkirakan pandangan dari diaspora terkait rencana ini. Yang terpenting, kata Mudzakir, tahun ini pemerintah bisa memperhatikan para diaspora untuk kembali ke negerinya dan mengabdi kepada negara.

Baca juga: Sarat Pemberkasan Lamaran CPNS 2018

“Intinya ini perhatian Pak Menteri PAN-RB (Asman Abnur) terhadap diaspora agar berkesempatan menjadi PNS. Jumlah pasti peminat baru akan diketahui pada saat mendaftar,” ujarnya.

Seperti diketahui, rencana pembukaan lowongan CPNS dengan memprioritaskan diaspora ini baru pertama dilakukan. Pada tahun sebelumnya, pemerintah juga membuka sejumlah jalur prioritas seperti penyandang disabilitas, hingga putra-putri asal Papua.

Baca juga: MenPAN: Angkatan CPNS Honor, Hanya Untuk K2

Dengan adanya tambahan jalur prioritas ini, maka diharapkan seleksi CPNS 2018 yang sebentar lagi dibuka akan menjadi lebih menarik. Sebab, selain diaspora, pemerintah juga masih membuka jalur prioritas untuk kategori lainnya.

Anda Bisa Download Administrasi Sekolah di sini :

ADMINISTRASI LENGKAP PAUD

ADMINISTRASI LENGKAP SD / MI

ADMINISTRASI LENGKAP SMP / MTS

ADMINISTRASI LENGKAP SMA, SMK DAN MA

(Visited 288 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *