Soal Tes Diagnostik Pergaulan Siswa

Soal Tes Diagnostik Pergaulan Siswa
Soal Tes Diagnostik Pergaulan Siswa

Dicariguru.com – Bagi rekan – rekan pendidik yang melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka di tahun ini, akan ada beberapa parameter pengukuran bagi kepribadian, tingkahlaku, kebiasaan yang berkaitan dengan peserta didik. Parameter pengukuran dalam Kurikulum Merdeka disebut dengan tes Diagnostik. Tes ini berfungsi sebagai catatan awal atau informasi dasar yang wajib rekan – rekan guru ketahui. Untuk kesempatan kali ini kami disini akan berbagi contoh Soal Tes Diagnostik Pergaulan Siswa.

Pengertian Tes Diagnostik

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tes diagnostik kepribadian siswa, berikut ini akan kami paparkan secara singkat mengenai apa itu tes diagnostic. Tentu kita sering mendengar kata diagnosa terutama di duania kesehatan. Saat kita berobat ke Dokter maka sebelum dokter menentukan apa penyakit yang diderita pasien dan obat yang cocok pasien akan di periksa secara teliti dan cermat terlebih dahulu agar keputusan yang diambil oleh dokter bisa tepat.

Begitu pula dengan Tes diagnostik yang bisa artikan sebagai tes sebelum pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman, kekuatan, kelemahan, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Selain itu dari sisi lain juga berfungsi untuk mengetahui kesulitan siswa dan keterbatasan pemahamaman materi peserta didik sehingga menjadi panduan guru dalam melaksanakan pembelajaran serta memberikan bantuan dan bimbingan yang tepat bagi peserta didik sesuai dengan kemampuan dan levelnya.

Jenis Tes Diagnostik

Dalam pelaksanaan tes diagnostik terdapat dua jenis penilaian yaitu :

Tes diagnostik Kognitif

Tes diagnostik Kognitif dilaksankan di awal pembelajaran dan akhir pembelajaran serta dilaksanakan secara berkala setiap pergantian materi atau pergantian BAB pembelajaran dengan tujuan :

  • Untuk mengetahui Kompetensi siswa
  • Untuk mencari rata – rata kemampuan siswa di kelas
  • Untuk memberikan bimbingan tambahan kepada siswa yang kesulitan mengikuti pembelajaran

Tes diagnostik Non Kognitif

Tes diagnostik Non Kognitif dilaksankan di awal pembelajaran dan dilaksanakan secara berkala dalam kurun waktu minimal 1 bulan untuk mengetahui :

  • kondisi psikologi dan sosial emosi siswa
  • aktivitas selama belajar dirumah
  • situasi dan Pergaulan siswa
  • latar belakang pergaulan siswa
  • gaya belajar, karakter bakat dan minat siswa

Contoh Soal Diagnostik Pergaulan Siswa

Tes diagnoatik ini untuk menggali beberapa karakter sahabat atau teman yang diingginkan oleh siswa.  Dengan mengetahui informasi awal tentang siapa teman terbaik untuk siswanya diharapkan bisa meningkatkan proses belajar siswa.

Sebagai catatan dan bekal bagi guru bahwa dalam pelaksanaan tes Pergaulan ini tidak ada jawaban betul atau salah. Semua jawaban yang diberikan siswa menggambarkan Pergaulan dan karakter sahabat yang diinginkan oleh siswa.

Soal – soal yan kami bagikan ini bisa rekan – rekan kembangkan sesuai dengan kondisi yang dihadapi masing – masing siswa dan sekolah.

  1. Siapa sahabatmu?
  2. Mengapa kamu memilih dia menjadi sahabatmu?
  3. Sifat temanmu yang paling disuka?
  4. Apakah kamu memiliki teman yang berbeda suku atau agama?
  5. Apakah kamu kamu pandai dalam bergaul?
  6. Dengan siapa kamu biasanya bermain saat di sekolah?
  7. Apa yang kamu bicarakan dengan temanmu?
  8. Bagaimana caramu menyelesaikan masalah dengan teman saat berselisih?
  9. Apakah kamu pernah marah dengan temanmu?
  10. Pilih teman kaya atau terkenal?
  11. Menurutmu, apa yang membuat seseorang terkenal?
  12. Apakah anak-anak yang lebih kaya menjadi lebih terkenal?
  13. Apakah kamu terkenal disekolah?
  14. Apakah kamu mau jadi terkenal?
  15. Apa kamu suka menjadi pemimipin?

====

Demikianlah Contoh Soal Tes Diagnostik Pergaulan Siswa yang bisa kami bagikan. Semoga Soal – soal tes diagnostik pertemanan siswa yang kami bagikan  bisa dijadikan referensi yang menarik untuk rekan – rekan semua.  Contoh soal tes ini bisa rekan – rekan kembangkan sesuai dengan kondosi dan situasi lingkungan dan keadaan siswa.