Struktur Kurikulum 2013 dan Jumlah Jam Mengajarnya

Posted on

"<yoastmark

Struktur K13 dan Jumlah Jam Mengajarnya. Memeasuki awal tahun tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, baik itu yang berkaitan dengan Adinistrasi ataupun kesiswaan. Tentunya hal wajib yang telah menjadi rutinitas adalah menyusun SK Pembagian Tugas dan menyusun Jadwal pelajaran yang menjadi salah satu penunjang kelancaran proses pembelajaran dan tentunya dalam penyusunan memerlukan pedoman yang valid agar tidak salah dan menyalahi aturan. Untuk itu dalam menyusun jadwal pelajaran tentunya hal yang terpenting adalah memperhatikan struktur Kurikulum 2013.

Ok sebelum kita bahas lebih mendalam mengenai struktur kurikulum 2013 Revisi, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai pengertian kurikulum. Kurikulum sendiri jika dijabarkan memiliki makna dan arti yang luas, tetapi secara singkat dapat dijelaskan sebagai sebuah perangkat pendidikan yang dimiliki oleh sekolah yang berbentuk muatan mata pelajaran ataupun sebuah program pendidikan yang telah didesain dengan menyesuaikan kebutuhan serta tantangan dilingkungan masyarakat.

Dengan adanya sebuah kurikulum maka sekolah bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dan tentunya mampu melaksanakannya serta memenuhi standar pendidikan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah. Kurikulum 2013 sendiri saat ini sudah diterapkan di seluruh jenjang pendidikan di Indonesia meskipun ada beberapa sekolah yang belum secara keseluruhan kelasnya melaksanakan K13.

Karakteristik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dirancang untuk menunjang industri 4.0 untuk mengembangkan peserta didik yang bisa dijabarkan sebagai berikut :

  1. Peserta didik mampu menyeimbangkan kepribadian/sikap spiritual/ keagamaan/ kepercayaan yang dianutnya dengan ketrampilan dan pengetahuannya untuk menuju Indonesa merdeka 100 tahun.
  2. Mampu memposisikan kedudukan sekolah menjadi bagian dari pergaulan masyarakat dengan cara memberikan pengalaman belajar berbasis lingkungan yang mampu diimplementasikan sebagai sumber belajar.
  3. Mengembangkan kemapuan sesuai dengan bakat dan minat yang direalisasikan melalui kompetensi inti berdasarkan mata pelajaran atau tema yang sesuai
  4. Menjabarkan semua kompetensi dasar dalam mencapai kompetensi lulusan.

Tujuan Kurikulum

Tujuan utama dibuatnya kurikulum adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia agar memiliki Keahlian/ sklik serta kemampuan dalam mempertahankan hidup menuju perkembangan zaman agar menjadi pribadi dan warga negara yang baik, produktif, kreatif, innovatif yang selaras dengan karakter spiritual yang beriman, bertaqwa yang memiliki bekal di kehidupan sehari – hari.

Pemerintah sendiri selalu membuat perbaikan – perbaikan terkait dengan Kurikulum 2013 yang terbaru adalah dikeluarkanya Permendikbud No 37 Tahun 2018 yang mendorong pembelajatan Informasi dan Komunikasi. Perbaikan ini disiapkan oleh Pemerintah dalam menunjang dunia industri 4.0 yang berbasis Teknologi.

Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan susunan dari bentuk kelompok mata pelajaran atau tema dengan alokasi waktu yang ditentukan, jumlah jam pembelajaran setiap minggunya serta rincian peminatan akademik. Struktur kurikulum didesain atau disusun berdasarkan tingkat kemampuan yang berbeda – beda mulai dari jenjang SD, SMP, SMA yang memiliki tingkatan dan karakteristik yang berbeda dan berjenjang. Berikut ini struktur jumlah jam Kurikulum 2013.

Penentuan Jadwal SD
Penentuan Jadwal SD

Penentuan Jam Belajar SMP

Penentuan Jam Belajar SMP

Penentuan Jam Belajar SMA
Penentuan Jam Belajar SMA

Untuk lebih jelasnya dibawah ini kami berikan struktur lengkap K13 Tahun ajaran 2019/2020

Struktur Kurikulum 2013 PAUD DOWNLOAD DISINI

Struktur Kurikulum 2013 SD DOWNLOAD DISINI

Struktur Kurikulum 2013 SMP DOWNLOAD DISINI

Struktur Kurikulum 2013 SMA DOWNLOAD DISINI

Struktur Kurikulum 2013 SMK DOWNLOAD DISINI

Download Administrasi Lainnya

Demikianlah artikel mengenai Struktur Kurikulum 2013 dan Jumlah Jam Mengajarnya yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *