Tata Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 di Situs KPU

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019

Tata Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 di Situs KPU. Selesai sudah hajat besar Pesta Demokrasi atau Pemilu serentak yang diadakan tanggal 17 April 2019 yang lalu dan berhasil dilaksanakan dengan tertib dan damai. Nampak dilayar televisi Berbagai lembaga survei di tanah air secara bersamaan menunjukan data hasil quick count setelah jam 15.00 WIB pada tanggal 17 April lalu.

Baca Juga : Rahasia Lembaga Survei menghitung suara pemilu

Tentunya anda sebagai pendukung salah satu paslon Capres dan Cawapres tidak mau ketinggalan mengenai info resmi yang berasal dari KPU. Pasalnya di media sosial banyak sekali informasi-informasi seputar Pilpres yang kurang bisa dipertanggung jawabkan kebenaranya.

Untuk itulembaga resmi Indonesia yang mengurus pemilu atau KPU, juga memiliki situs resmi untuk memantau hasil real count. Aplikasi perhitungan suara berbasis web dari Komisi Pemilihan Umum ini dinamakan Sistem Informasi Perhitungan atau biasa disingkat Situng.

Dalam Sistem Informasi Perhitungan atau Situng tersebut, terdapat filter, dimana dapat digunakan pengguna untuk mengecek hasil real count pemilu 2019 berdasarkan provinsi, kota, kecamatan, daerah, hingga TPS masing-masing tempat anda mencoblos.

Baca Juga : Persyaratan Guru Inpasing 2019

Maka dari itu, untuk Anda yang ingin memantau real count resmi dari KPU dapat mengunjungi situs resminya di https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/. Di bawah ini Alkiez.com akan merangkum cara melihat hasil real count KPU:

1. Kunjungi situs Situng

Hal yang harus anda lakukan adalah anda harus membuka laman situs Situng melalui URL berikut ini (Klik disini). Setelah situsnya terbuka, maka anda akan disuguhkan visualisasi data keseluruhan dari kedua capres dan cawapres pada tingkat nasional atau rekapan semua Provinsi. Maka halaman utama akan tampak seperti gambar berikut:

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019

2. Menggunakan filter

Menu filter ini digunakan Jika Anda ingin menyaring data mulai dari provinsi, kota, kecamatan, daerah, dan TPS silahkan pilih terlebih dahulu provinsi. Berikut gambaran jelasnya:

Pilih Provinsi

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Provinsi
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Provinsi

Pilih Kabupaten/Kota

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Kabupaten/Kota
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Kabupaten/Kota

Pilih Kecamatan

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Kecamatan
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Kecamatan

Pilih Kelurahan/Desa/Tiyuh/Pekon

Pilih nomor TPS

Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Per TPS
Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 Per TPS

Demikianlah artikel mengenai Tata Cara Melihat Hasil Pilpres 2019 di Situs KPU. Sebagai catatan bahwa data yang ada saat ini Bukanlah hasil final. Jika ada TPS yang anda lihat masih tertulis “Data belum tersedia” maka kemungkinan besar data belum di input atau belum dikirim ke petugas penginputan.